PENILAIAN PROYEK DIMNSI TIGA

Loading

 

INSTRUMEN PENILAIAN PROYEK

 

Satuan Pendidikan

:

SMA Syarif Hidayatullah Grati

Mata Pelajaran

:

Matematika (Umum)

Kelas/Semester

:

XII/1

Kompetensi dasar

:

4.1  

Menentukan
jarak dalam ruang  (antar titik, titik
ke garis, dan titik ke bidang).

IPK

:

4.1.2  

Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan geometri ruang
 

Materi

:

Dimensi Tiga

Text Box: Langkah-langkah Pengerjaan:
1.	Carilah permasalahan dan penyelesaian yang berkaitan dengan jarak dalam ruang  (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang), baik dari referensi buku maupun internet. Kemudian dengan sikap kritis dan kreatif, modifikasi permasalahan tersebut sehingga menjadi permasalahan sendiri (dalam kelompok). Tunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, rasa ingin tahu dan pantang menyerah selama mengerjakan tugas serta saling bekerjasama agar tugas dapat terselesaikan dengan baik!
2.	Setiap kelompok membuat minimal 3 permasalahan dan penyelesaiannya
3.	Permasalahan dan penyelesaian yang telah dibuat oleh kelompok, ditulis dalam laporan yang berbentuk makalah (MS word) dan Mind Mapping di kertas karton.
4.	Buat tabel rencana kegiatan penyelesaian tugas proyek lengkap dengan jadwal dan uraian tugas anggota
5.	Makalah terdiri dari Bab 1: Latar belakang, tujuan, dan manfaat dari pembuatan permasalahan yang berkaitan dengan nilai mutlak; Bab 2: Permasalahan dan Penyelesaiannya; Bab 3: Kesimpulan dan Saran. Sedangkan PPT hanya berisi permasalahan dan penyelesaian yang dibuat oleh setiap kelompok.
6.	Laporan dikumpulkan paling lambat tiga minggu setelah tugas ini diberikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rubrik Penilaian Proyek:

Kriteria

Skor

·      
Permasalahan dan penyelesaiannya sudah benar dan sesuai
dengan konsep materi yang dipelajari

·      
Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·      
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas
dan pembagian tugas anggota kelompok

·      
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang
baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis
bukti

·      
Bagian pelaporan memuat permasalahan yang dibuat
sendiri oleh kelompok, bukan hanya mengambil dari buku sumber atau internet,
serta terdapat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok

·      
Bagian pelaporan memuat sistematika penulisan makalah
yang sesuai dengan aturan, serta dibuat PTT berdasarkan isi dalam makalah

·      
Kerjasama kelompok sangat baik

A

90
– 100

·      
Permasalahan sebagain besar sudah benar dan sesuai
dengan konsep materi yang dipelajari

·      
Laporan memuat perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan

·      
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas
dan pembagian tugas anggota kelompok

·      
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang
baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis
bukti

·      
Bagian pelaporan belum memuat permasalahan yang dibuat
sendiri oleh kelompok, dan hanya mengambil dari buku sumber atau internet,
walaupun sudah terdapat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok

·      
Bagian pelaporan memuat sistematika penulisan makalah
yang sesuai dengan aturan namun PTT yang dibuat belum sesuai dengan isi dalam
makalah

·      
Kerjasama kelompok sangat baik

B

80
– 89

·      
Permasalahan dan penyelesaiannya ada beberapa yang
keliru dan kurang sesuai dengan konsep materi yang dipelajari

·      
Laporan belum memuat perencanaan, pelaksanaan dan
pelaporan

·      
Bagian perencanaan memuat tujuan kegiatan yang jelas,
namun belum ada pembagian tugas anggota kelompok

·      
Bagian pelaksanaan memuat proses pengumpulan data yang
baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data berbasis
bukti

·      
Bagian pelaporan belum memuat permasalahan yang dibuat
sendiri oleh kelompok, dan hanya mengambil dari buku sumber atau internet,
serta belum ada kesimpulan dari hasil diskusi kelompok

·      
Bagian pelaporan masih ada yang belum sesuai dengan
sistematika penulisan makalah yang sesuai dengan aturan dan PTT yang dibuat
masih ada yang belum sesuai dengan isi dalam makalah 

·      
Kerjasama kelompok baik

 

C

70
– 79

·      
Permasalahan dan penyelesaian yang dibuat keliru dan
kurang sesuai dengan konsep materi yang dipelajari

·      
Laporan belum memuat perencanaan, pelaksanaan dan
pelaporan

·      
Bagian perencanaan belum memuat tujuan kegiatan yang
jelas, namun belum ada pembagian tugas anggota kelompok

·      
Bagian pelaksanaan belum memuat proses pengumpulan data
yang baik, pemecahan masalah yang masuk akal (nalar) dan penyajian data
berbasis bukti

·      
Bagian pelaporan belum memuat permasalahan yang dibuat
sendiri oleh kelompok, hanya mengambil dari buku sumber atau internet, serta
belum ada kesimpulan dari hasil diskusi kelompok

·      
Bagian pelaporan masih ada yang belum sesuai dengan
sistematika penulisan makalah yang sesuai dengan aturan dan PTT yang dibuat
masih ada yang belum sesuai dengan isi dalam makalah 

·      
Kerjasama kelompok kurang baik

 

D

<
70

Tidak
melakukan tugas proyek

0

Pengolahan Nilai

Pengolahan nilai menggunakan penilaian kuantitatif
dengan skala 0 – 100 

 

Interval Nilai

Predikat

Penilaian

90 – 100

A

80 – 89

B

70 – 79

C

0 – 69

D

 

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *