MASUKNYA
ISLAM KE NUSANTARA
TEORI
GUJARAT
Teori
ini menyatakan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia melalui Gujarat salah satu
Kota di India. Tokoh Ilmuan yang mendukung teori ini adalah Snouck Hurgronje ,Pijnappel
dan Moqette. Menurut mereka islam di Indonesia masuk pada abad ke-13 M bersama
dengan hubungan dagang yang terjalin antara gujarat dan nusantara.
Bukti Yang dikemukakan
1. Batu Nisan Sultam Malik As-Shaleh
(1297 M) dan Batu Nisan Syeikh Maulana Malik Ibrahim yang memiliki kesamaan
dengan batu nisan yang berada di cambay
2. Keterangan Marcopolo yang pernah
singgah di perlak tahn 1292 . ia Menceritakan bahwa perlak sudah banyak yang
memeluk islam dan banyak pedagang islam dari India
Sangkalan Teori Gujarat
1. Masyarakat Samudra Pasai bermadzhab
Syafi’i sedangkan Gujarat Bermadzhab Hanafi
2. Saat Islamisasi Samudra Pasai
Gujarat Masih menjadi Kerajaan Hindu
TEORI PERSIA
Teori
ini Menyatakan bahwa Islam yang masuk Ke Indonesia disebarkan oleh orang-orang
persia. Pencetus dan pendukung teori ini ialah Umar Amir Husein dan Hoesein
Djajadiningrat. Mereka menyatakan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7
M yang dibawahkan oleh kaum syiah persia
Bukti Yang dikemukakan
- Diindonesia terdapat peringatan 10
Muharram(Di Sumatra disebut Upacara Tabuik/ Tabut dan dijawa Bubur Syuro. di
persia 10 Muharrom di peringati sebagai meninggalnya cucu rosulullah Sayyidina
Husein di Karbala - Kesamaan Ajaran Sufi antara Al-hallaj dengan Syeikh
Siti Jenar - Kesamaan Ejaan Jebber untuk a ,
Jer untuk I dan Pes untuk U - Adanya perkampungan leran di
Gresik
Kelemahan
Pada abad ke 7 dunia arab dikuasai
oleh Bani Umayyah yang berada di baghdad, mekkah dan madinah. Jadi tidak
memungkinkan bagi ulama’ persia untuk menyokong penyebaran islam ke Nusantara
TEORI ARAB
Teori
mekkah ini menyatakan bahwa masuknya islam ke indonesia oleh para musafir
arab/mesir. Para ahli yang mendukung teori ini adalah Van Leur, T.W Arnold,
Buya Hamka, Naquib Al Attas. Mereka menyatakan bahwa masuknya islam ke
Nusantara pada abad ke 7 M dibawah oleh pada musafir Arab.
Bukti yang dikemukakan
- pada abad ke 7 tepatnya tahun 674
di Pantai Barat Sumatra terdapat
perkampungan arab muslim - Kerajaan Samudra Pasai bermadzhab
Syafii sedangkan pada masa itu Mesir dan arab bermadzhab Syafii - Penggunaan Gelar Al-Malik pada
raja-raja samudra pasai yang hanya lazim ditemui di mesir
Kelemahan
Kurangnya fakta yang menjelaskan
terhadap peranan dalam islamisasi nusantara