Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PAI X BAB I MUJAHADAH BINAFSI

BAB1

Muajahadah Bi Nafsi

 

 

 

A.  Memahami Makna Pengendalian Diri, Prasangka Baik, dan Husnuzzan

 

1. Pengendalian Diri (Mujāhadah an-Nafs)

 

Pengendalian diri atau kontrol diri (Mujāhadah an-Nafs) adalah menahan diri dari segala perilaku yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain, seperti sifat serakah atau tamak. Dalam literatur Islam, pengendalian diri dikenal dengan istilah ash shaum, atau puasa. Puasa adalah salah satu sarana mengendalikan diri. Hal tersebut berdasarkan hadis Rasulullah saw. yang artinya: “Wahai golongan pemuda! Barangsiapa dari antaramu mampu menikah, hendaklah dia nikah, kerana yang demikian itu amat menundukkan pemandangan dan amat memelihara kehormatan, tetapi barangsiapa tidak mampu, maka hendaklah dia puasa, kerana (puasa) itu menahan nafsu baginya.” (H.R. Bukhari)

 

Jadi, jelaslah bahwa pengendalian diri diperlukan oleh setiap manusia agar dirinya terjaga dari hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt.

 

Dapatkah kamu memberikan contoh perilaku yang menunjukkan sikap pengendalian diri? Diskusikan dengan teman-temanmu!

 

 

2. Prasangka Baik [حسن الظنّ}

 

Prasangka baik dari kata Arab yaitu hisnu  yang artinya baik, dan dhon yang artinya prasangka. Jadi prasangka baik atau positive thinking dalam terminologi Islam dikenal dengan istilah حسن الظنّ. Secara istilah husnudh dhon adalah sikap orang yang selalu berpikir positif terhadap apa yang telah diperbuat oleh orang lain. Lawan dari sifat ini adalah buruk sangka (su’u§§an), yaitu menyangka orang lain melakukan hal-hal buruk tanpa adanya

 

bukti yang benar. Dalam ilmu akhlak, husnudh dhon dikelompokkan ke dalam tiga

 

bagian, yaitu husnudh dhon kepada Allah Swt. husnudh dhon kepada diri sendiri, dan husnudh dhon kepada orang lain.

 

Prasangka baik adalah sifat sangat penting dimiliki oleh setiap orang yang beriman. Sebaliknya, prasangka buruk adalah sifat yang harus dijauhi dan dihindari. Dan kita harus menghindari sifat su’udh dhon

 

3. Persaudaraan (ukhuwwah)

 

Persaudaraan (ukhuwwah) dalam Islam dimaksudkan bukan sebatas hubungan kekerabatan karena faktor keturunan, tetapi yang dimaksud dengan persaudaraan dalam Islam adalah persaudaraan yang diikat oleh tali aqidah (sesama muslim) dan persaudaraan karena fungsi kemanusiaan (sesama manusia makhluk Allah Swt.). Kedua persaudaraan tersebut sangat jelas dicontohkan oleh Rasulullah saw., yaitu mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan kaum An¡ar, serta menjalin hubungan persaudaraan dengan suku-suku lain yang tidak seiman dan melakukan kerja sama dengan mereka

 

 

B. Ayat-Ayat al-Qur’ān tentang Pengendalian Diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan

 

1.    Q.S. al-Anfāl/8:72

 

a. Lafal Ayat dan Artinya

 

 

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَهَاجَرُوا وَجَاهَدُوا بِأَمْوَالِهِمْ وَأَنْفُسِهِمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَالَّذِينَ آوَوْا وَنَصَرُوا أُولَئِكَ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ وَالَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يُهَاجِرُوا مَا لَكُمْ مِنْ وَلايَتِهِمْ مِنْ شَيْءٍ حَتَّى يُهَاجِرُوا وَإِنِ اسْتَنْصَرُوكُمْ فِي الدِّينِ فَعَلَيْكُمُ النَّصْرُ إِلا عَلَى قَوْمٍ بَيْنَكُمْ وَبَيْنَهُمْ مِيثَاقٌ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad dengan harta dan jiwanya pada jalan Allah dan orang-orang yang memberikan tempat kediaman dan memberi pertolongan (kepada orang-orang Muhajirin), mereka itu satu sama lain lindung-melindungi. Dan (terhadap) orang-orang yang beriman, tetapi belum berhijrah, maka tidak ada kewajiban sedikit pun atasmu melindungi mereka, sebelum mereka berhijrah. (Akan tetapi) jika

 

 

mereka meminta pertolongan kepadamu dalam (urusan pembelaan) agama, maka kamu wajib memberikan pertolongan kecuali terhadap kaum yang telah ada perjanjian antara kamu dengan mereka. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.”

 

 

 

Aktivitas 3:

 

1.    Bacalah ayat di atas dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid yang benar!

 

Lakukan bersama teman-teman sekelasmu secara berpasangan dan bergantian!

 

2.    Hafalkan ayat beserta arti ayat tersebut untuk memperkaya perbendaharaan hafalan ayat dan kosa kata bahasa arab ( bahasa Al-qur’an}dengan menggunakan bantuan alat perekam atau pun saling memperdengarkan dengan sesama kawan di kelas!

 

 

3.    Carilah ayat lain yang berhubungan dengan perilaku pengendalian diri!

 

b.   Hukum Tajwid

 

Lafal

Hukum Tajwid

Lafal

Hukum Tajwid

 

Mad °ab³’i

 

Idgām Mimi/Idgām

 

 

 

 

 

 

 

Mutama¡¡ilain

 

 

 

 

 

 

 

Mad Badal

 

Idgām Bigunnah

 

 

 

 

 

 

 

Izhār Syafawi

 

Iqlab

 

 

 

 

 

 

 

Mad Wājib Mutta¡il

 

Mad ‘Ari« lis Sukµn

 

 

 

 

 

 

 

Aktivitas 4:

 

Carilah hukum tajwid lainnya yang terkandung di dalam ayat di atas, baik itu berupa mad, Izhār, ikhfa, iqlab, Idgām bigunnah, Idgām bilagunah, Izhār syafawi, ikhfa syafawi, Idgām mutamasilain, dan lainnya!

 

 

 


Berbagai wujud serangan, intimidasi, dan kekerasan yang dilakukan oleh orang-orang musyrik Mekah telah menyebabkan Nabi Muhammad saw. dan kaum muslimin berhijrah meninggalkan rumah dan kampung halaman mereka di Mekah menuju Madinah. Di dalam sejarah Islam, mereka yang berhijrah disebut sebagai kaum Muhajirin. Adapun warga Madinah yang telah beriman kepada Nabi Muhammad saw. dan menerima kedatangan kaum Muhajirin disebut kaum An¡ar.

 

Peristiwa bersejarah itu bukanlah sekadar perpindahan yang bersifat geografis, yaitu perpindahan manusia dari suatu tempat ke tempat lain yang baru. Jika hal itu merupakan perpindahan atau pergerakan sekelompok masyarakat yang bersifat geografis dan bernilai biasa-biasa saja, tentunya tidak perlu sejauh itu mereka menempuh perjalanan sangat berat ke Madinah. Juga peristiwa itu bukanlah perpindahan manusia yang didasarkan pada motif ekonomi atau kepentingan politik tertentu. Jika ada motif ekonomi, mengapa kaum Muhajirin malah meninggalkan berbagai harta kekayaan mereka di Mekah dan tidak memboyongnya ke Madinah? Mengapa mereka malah mengorbankan harta dan jiwa sebagaimana dilukiskan pada ayat di atas? Jika ada motif politik, pertanyaannya adalah apakah Rasulullah saw. diutus oleh Allah Swt. memang semata-mata demi memperoleh kue kekuasaan di Mekah atau Madinah.

 

Hijrah merupakan peristiwa dahsyat dalam sejarah agama dan kemanusiaan. Dari sudut keagamaan, hijrah merupakan peristiwa keagamaan karena berkaitan erat dengan perjuangan Nabi Muhammad saw. dan sahabat-sahabat beliau dalam memperjuangkan tegaknya Islam di Mekah. Adapun dari sudut kemanusiaan, peristiwa hijrah merupakan implementasi dari ajaran agama Islam mengenai pentingnya menghormati, menjaga, dan menegakkan nilai-nilai kemanusiaan.

 

Firman Allah Swt. pada ayat di atas yang melukiskan bahwa kaum Muhajirin dan Anśar saling lindung-melindungi satu sama lainnya, sungguh mengagumkan. Itulah wujud dari persaudaraan. Lakukanlah pengamatan dan pembacaan terhadap buku-buku mengenai peristiwa hijrah tersebut. Di sana kamu akan menemukan jawaban bahwa persaudaraan (ukhuwwah) akan menjadi salah satu sendi bagi munculnya peradaban baru dalam sebuah masyarakat baru yang disebut masyarakat Madani.

 

 

 

Aktivitas 5:

 

Nah, sekarang lakukan analisis dengan membaca literatur mengenai peristiwa

 

Hijratur Rasul itu. Pertanyaannya, selain nilai persaudaraan itu, adakah terdapat

 

juga nilai-nilai kemanusiaan lainnya seperti pengendalian diri dan prasangka baik pada peristiwa hijrah tersebut?

 

 

 


2.    
Q.S. al-¦ujurāt/49:12

 

a. Lafal Ayat dan Artinya

 

 

 

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ وَلا تَجَسَّسُوا وَلا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

 

“Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada di antara kamu yang menggunjing sebagian yang lain. Apakah ada di antara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.”

 

 

 

Skenario pembelajaran

 

1.    Bacalah ayat di atas dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid yang benar!

 

Lakukan bersama teman-teman sekelasmu secara berpasangan dan bergantian!

 

2.    Hafalkan ayat tersebut untuk memperkaya perbendaharaan hafalan ayat dengan menggunakan bantuan alat perekam atau pun saling memperdengarkan dengan sesama kawan di kelas!

 

3.    Hafalkan arti ayat di atas agar makin menambah kecintaan kepada al-Qur’ān dan menambah keimanan kepada Allah Swt.!

 

4.    Carilah ayat lain yang berhubungan dengan perilaku ¥usnu§§an!

 

b.   Hukum Tajwid

 

Lafal

Hukum Tajwid

Lafal

Hukum Tajwid

 

 

 

 

 

Mad Jāiz Munfaśil

 

Idgām Mutama¡¡ilain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alif Lam Syamsiyah

 

Ikhfa’ Syafawi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Skenarioa Pelaksanaan Pembelajaran

 

Temukanlah hukum tajwid lainnya yang terkandung di dalam ayat di atas, baik itu berupa idhār, ikhfa’, iqlab, Idgām bigunnah, Idgām bilagunnah, ikhār syafawi, ikhfa’ syafawi, Idgām mutamassilain, mad dan lainnya!

 

 

3.    Q.S. al-¦ujurāt/49:10 a. Lafal Ayat dan Artinya

 

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ { الحجرات : 10 }

 

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat.”

 

 

 

Skenario Pembelajaran

 

1.    Bacalah ayat di atas dengan tartil sesuai dengan kaidah tajwid yang benar!

 

Lakukan bersama teman-teman sekelasmu secara berpasangan dan bergantian!

 

2.    Hafalkan ayat tersebut untuk memperkaya perbendaharaan hafalan ayat dengan menggunakan bantuan alat perekam ataupun saling memperdengarkan dengan sesama kawan di kelas!

 

3.    Hafalkan arti ayat di atas agar makin menambah kecintaan kepada al-Qur’ān dan menambah keimanan kepada Allah Swt.!

 

4.    Carilah ayat lain yang berhubungan dengan perilaku persaudaraan!

 

 

b.   Hukum Tajwid

 

Lafal

Hukum Tajwid

Lafal

Hukum Tajwid

 

Alif Lam Syamsiyah

 

I§hār Syafawi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ikhfa’

 

Tafkh³m

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Kegiatan Pembalajaran

Temukan hukum tajwid lainnya yang terkandung di dalam ayat di atas, baik itu berupa mad, i§hār, ikhfa’, iqlab, Idgām bigunnah, Idgām bilagunnah, i§hār syafawi, ikhfa’ syafawi, Idgām mutama¡¡ilain, dan lainnya?

 

C. Kandungan Ayat

Pada ayat di atas Allah Swt. menegaskan dua hal pokok. Pertama, bahwa sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Kedua, jika terdapat perselisihan antarsaudara, kita diperintahkan oleh Allah Swt. untuk melakukan iślah (upaya perbaikan atau perdamaian).

 

Apa indikasi dari suatu persaudaraan? Rasulullah saw. bersabda, “Demi Allah yang menguasai diriku! Seseorang di antara kalian tidak dianggap beriman kecuali jika dia menyayangi saudaranya sesama mukmin sama seperti dia menyayangi dirinya sendiri.” (H.R. Bukhari)

 

Selain itu Rasulullah saw. juga menegaskan, “Seorang muslim adalah orang yang lidah dan tangannya tidak menyakiti muslim lain, dan orang yang berhijrah adalah orang yang meninggalkan semua larangan Allah.” (H.R. Bukhari)

 

 

 

Kegitaan Pembelajaran

 

Diskusikan dengan sesama temanmu, bagaimana cara yang harus dilakukan jika di

 

kelasmu ada teman yang sedang “marahan” sehingga antara satu dan yang lainnya tidak saling bertegur sapa dan berinteraksi!

 

 

 

C.  Hadis tentang Pengendalian Diri, Prasangka Baik, dan Persaudaraan

 

1. Hadis tentang Pengendalian Diri

 

Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda:



 

 

 

 

 

 

“Orang yang perkasa bukanlah orang yang menang dalam perkelahian, tetapi orang yang perkasa adalah orang yang mengendalikan dirinya ketika marah.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

 

 2,. Hadis tentang Prasangka Baik

Rasulullah saw. bersabda:


 

 

 

 “Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk, karena sesungguhnya prasangka itu adalah perkataan yang paling dusta.” (H.R. Bukhari)

 

3. Hadis tentang Persaudaraan

 

Diriwayatkan dari Nu’man bin Basyir ra. Bahwa Rasulullah saw. Bersabda:


 

 

 

 

 

 

“Perumpamaan orang-orang mukmin dalam saling mencintai, saling mengasihi, dan saling menyayangi, seperti satu tubuh. Apabila satu organ tubuh merasa sakit, akan menjalar kepada semua organ tubuh, yaitu tidak dapat tidur dan merasa demam.” (H.R. Muslim)

 

 

 

Kegiatan pembelajaran

 

Hafalkan ketiga hadis atau salah satu hadis hadis di atas berikut artinya! Laporkan hafalan tersebut kepada gurumu!

  

Pengendalian Diri (Mujāhadah an-Nafs)

 

1)Bersabar dengan tidak membalas terhadap ejekan atau cemoohan teman yang tidak suka terhadap kamu.

 

2)Memaafkan kesalahan teman dan orang lain yang berbuat “aniaya” kepada kita.

3)Ikhlas terhadap segala bentuk cobaan dan musibah yang menimpa, dengan terus berupaya memperbaiki diri dan lingkungan

 

4)Menjauhi sifat dengki atau iri hati kepada orang lain dengan tidak membalas kedengkian mereka kepada kita.

  

Mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan Allah Swt. kepada kita, dan tidak merusak nikmat tersebut; seperti menjaga lingkungan agar selalu bersih, menjaga tubuh dengan merawatnya, berolahraga, mengonsumsi makanan dan minuman yang halal, dan sebagainya.

 

 Prasangka Baik (¦usnu§§an)

 

1.    Memberikan apresiasi atas prestasi yang dicapai oleh teman atau orang lain dalam bentuk ucapan atau pemberian hadiah.

 

2.    Menerima dan menghargai pendapat teman/orang lain meskipun pendapat tersebut berlawanan dengan keinginan kita.

 

3.    Memberi sumbangan sesuai kemampuan kepada peminta-minta yang datang ke rumah kita.

 

4.    Turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial baik ketika di lingkungan rumah, sekolah, ataupun masyarakat.

 

5.    Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan kepada kita dengan penuh tanggung jawab.

 

 

Persaudaraan (Ukhuwwah)

 

1.    Menjenguk/mendoakan/membantu teman/orang lain yang sedang sakit atau terkena musibah.

 

2.    Mendamaikan teman atau saudara yang berselisih agar mereka sadar dan kembali bersatu.

 

3.    Bergaul dengan orang lain dengan tidak memandang suku, bahasa, budaya, dan agama yang dianutnya.

 

4.    Menghindari segala bentuk permusuhan, tawuran, ataupun kegiatan yang dapat merugikan orang lain.

5.    Menghargai perbedaan sukur, bangsa, agama, dan budaya teman/orang lain


 

 

KESIMPULAN

1.      Pengendalian diri (mujāhadah an-nafs) adalah perilaku upaya untuk tetap berada dalam setiap kebaikan dan terhindar dari sifat-sifat yang dapat membinasakan dirinya, orang lain, maupun lingkungan.

 

2.      Berbaik sangka (¥usnu§§an) adalah sifat di mana orang lain dipandang sebagai sesuatu yang baik dan harus diperlakukan dengan baik, kecuali jika diketahui dengan fakta bahwa orang tersebut harus diwaspadai dan diperingati.

 

3.      Dalam Q.S. al-Anfāl/8:72 dijelaskan bahwa perintah berhijrah setelah hijrahnya Rasulullah saw. dan kaum muslimin ke Kota Madinah dan Kota Mekah adalah berhijrah dari keburukan menuju kepada kebaikan, berjihad dari kemelaratan menuju kepada kesejahteraan, berhijrah dari kebodohan menuju gilang-gemilang, dan sebagainya.

 

4.      Dalam Q.S. al-¦ujurāt/49:10 kita diperintahkan oleh Allah Swt. agar senantiasa menjaga dan menciptakan perdamaian, memberikan nasihat kebaikan, dan mendamaikan perselisihan saudara dengan saudara yang lain.

5.      Dalam Q.S. al-¦ujurāt/49:12 dijelaskan perintah agar berprasangka baik (¦usnu§§an) kepada setiap orang, kita pun diperintahkan menghindari dan menjauhkan diri dari berburuk sangka kepada sesama saudara kita, karena berburuk sangka akan merusak keimanan dan merusak persaudaraan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

Posting Komentar untuk "PAI X BAB I MUJAHADAH BINAFSI "