Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) KELAS X

 BAB 3
PERMAINAN BULU TANGKIS


Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi          gerak yang baik
4.2 Mempraktikkan hasil analisis keterampilan gerak salah satu permainan bola kecil untuk                          menghasilkan koordinasi gerak yang baik


Permainan Bulu Tangkis

        Kegiatan pembelajaran pada modul kali ini akan membahas materi tentang keterampilan gerak teknik dasar permainan bulutangkis. Perlu kalian pahami bahwa permainan bulutangkis atau badminton merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak peminat yang tersebar di seluruh dunia. Cabang olahraga yang menjadikan raket dan shuttlecock sebagai dua peralatan utama dalam permainan ini dapat dimainkan oleh dua orang dalam permainan tunggal atau empat orang (2 pasang) dalam permainan ganda. Bulutangkis memiliki 5 tipe pertandingan, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.
        Secara harfiah, bulutangkis berasal dari dua kata yakni bulu dan tangkis. Kata “bulu” diambil dari wujud shuttlecock yang terbuat dari bulu angsa. Sedangkan kata “tangkis” diambil dari kata dasar menangkis, dimana inti gerakan dari permainan cabang olahraga ini adalah menangkis pergerakan dari shuttlecock (bulu) tersebut. Berbagai pendapat muncul perihal awal mula dan asal permainan bulu tangkis. Pendapat pertama mengatakan bahwa permainan ini berasal dan berkembang di Mesir kuno 2000 tahun lalu. Pendapat selanjutnya mengatakan permainan ini berasal dari India dan daratan Tiongkok. Namun berkembangnya permainan ini hingga akhirnya dikenal luas oleh masyarakat dunia adalah pada abad pertengahan di Inggris, yakni dari sebuah permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama Battledore dan Shuttlecocks. Permainan tradisional ini sangat populer di kalangan masyarakat hingga akhirnya sebuah majalah bernama “Punch” mempublikasikan permainan ini.                    Penentuan kemenangan di olahraga bulutangkis ini menggunakan sistem best of three (pemenang dua babak). Jadi, permainan bulutangkis bisa berlangsung sebanyak 2–3 babak. Apabila ada pemain yang memenangkan dua set berturut-turut, babak ketiga tidak perlu dilakukan. Untuk dapat bermain bulutangkis dengan baik, terlebih dahulu kalian harus memahami bagaimana cara bermain bulutangkis dan menguasai beberapa teknik/keterampilan dasar permainan bulutangkis ini. Untuk mempermudah kalian dalam pembelajaran bulutangkis, dalam modul ini akan diuraikan tentang keterampilan teknik dasar permainan bulutangkis yang perlu kalian pelajari, secara umum dapat dikelompokkan ke dalam beberapa bagian yaitu :


1. Cara Memegang Raket

        Cara memgang raket tidak begitu sukar, karena raket bulutangkis relatif ringan, dan dalam kehidupan sehari-hari keterampilan memegang seperti itu sering kalian lakukan. Cara memegang raket adalah faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan.Seorang pemain yang baru belajar bermain bulutangkis harus benar-benar menguasai teknik dasar ini terlebih dahulu guna mampu melanjutkan ke teknik dasar permainan bulutangkis berikutnya.

        Teknik memegang raket bulutangkis yang dianggap baik adalah teknik memegang raket yang dapat digunakan untuk menerima atau mengembalikan kok dengan mudah. Cara memegangnya pun menggunakan jari-jari tangan, bukan menggunakan telapak tangan. Dengan menggunakan jari-jari tangan akan memudahkan pergelangan tangan untuk menggerakkan raket secara leluasa. Pengenalan fungsi pegangan raket, sebaiknya kalian pelajari terlebih dahulu agar dapat memilih cara pegangan yang dibutuhkan. Ada beberapa macam tipe pegangan raket, meliputi :

a. Pegangan Forehand
        Pegangan forehand (pegangan dasar), Pegangan ini dapat di peroleh dengan cara mendirikan raket yang sisinya tegak dengan lantai. Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman/berjabat tangan. Bentuk “V” tangan diletakkan pada bagian gagang raket. Tiga jari, yaitu jari tengah, jari manis, dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah. Letakkan ibu jari di antara tiga jari dan telunjuk. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 1. Pegangan Forehand


b. Pegangan backhand
        Cara memegang raket secara backhand adalah geser “V” tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam, kemudian bantalan ibu jari berada pada pegangan raket yang lebar. Raket dipegang dengan bagian ibu jari menempel pada bagian tangkai yang gepeng dan telunjuk berada pada bagian yang sempit. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 2 : Pegangan backhand


c. Pegangan Campuran
        Cara pegangan campuan dilakukan dengan cara mengubah-ubah posisi jari telunjuk dan ibu jari disesuaikan dengan arah dan jenis pukulan yang dilakukan. Teknik pegangan campuran biasanya dipakai oleh para pemain bulutangkis karena tak perlu mengubah kembali posisi pegangan raket ketika hendak melakukan pukulan terhadap kok. Hanya saja, kelemahan yang terdapat pada teknik memegang raket ini adalah bahwa pemain akan mengalami kesulitan dalam pukulan kok yang telah melewati tubuh pemain sendiri. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 3 : Pegangan campuran



2. Gerak Kaki (Foot Work)

        Gerakan kaki biasanya disebut footwork atau kerja kaki. Footwork adalah gerakan-gerakan langkah yang mengatur badan untuk menempatkan posisi badan agar memudahkan pemain dalam melakukan gerakan memukul kok sesuai dengan posisinya. Prinsip dasar footwork bagi pemain adalah kaki yang sesuai dengan tangan yang digunakan untuk memegang raket saat memukul selalu berakhir sesuai arah tangan tersebut.
        Fungsi gerakan footwork adalah sebagai penyangga tubuh guna menempatkan badan dalam posisi yang memungkinkan untuk melakukan gerakan pukulan yang efektif. Agar mampu memukul dengan posisi yang baik, seorang pemain harus mempunyai kecepatan gerak.Kecepatan gerak kaki tidak dapat dicapai apabila gerakan kaki tidak teratur. Latihan untuk menguasai footwork dengan berpedoman pembiasaan. Karena kualitas footwork yang baik ditentukan oleh irama dan ketepatan langkah. Maka untuk dapat dapat menguasai kualitas yang diharapkan kalian lakukan latihan sesering mungkin dengan simulasi gerakan yang sesuai dengan yang terjadi dalam permainan bulutangkis.

Gerakan langkah kaki dalam permainan bulutangkis dibedakan sebagai berikut :
  1. Langkah berurutan
  2. Langkah bergantian atau bersilang
  3. Langkah lebar dengan loncatan
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar gerak langkah kaki di bawah ini:

Gambar 4 : Gerak kaki (footwork)


3. Teknik Pukulan (Stroke)

        Teknik dasar permainan bulutangkis diantaranya : servis, lob, smash, dropshot, cop drive dan netting. Untuk dapat menguasai teknik dasar tersebut perlu adanya kaidah-kaidah yang harus dilakukan dalam latihan, sehingga menguasai tingkat keterampilan yang baik.

a. Servis
        Secara umum, teknik servis dalam permainan bulutangkis dilakukan dengan cara mengarahkan shuttlecock ke kanan, kiri, depan ataupun belakang pemain lawan. Hal yang harus dihindari ketika melakukan servis adalah posisi shuttlecock yang tanggung dan berada tepat di depan lawan. Hal ini sama saja dengan bunuh diri karena dengan begitu lawan akan dapat dengan mudah mengembalikan servis sekaligus mematikan pergerakan pemain.

Pukulan servis merupakan pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan. Dalam permainan bulutangkis servis dibagi dalam :
  1. Servis Pendek Diarahkan pada bagian depan lapangan lawan, dan biasanya dilakukan dalam permainan ganda, tetapi pemain tunggal pun banyak yang melakukan servis pendek, pemain berada dalam posisi menyerang. Hal itu terjadi karena menerima servis pendek, dipaksa untuk mengembalikan kok dari bawah atau dari samping yang mengakibatkan kok naik. Servis ini dapat dilakukan dengan pukulan forehand dan backhand.
  2. Servis Panjang Dilakukan dengan memukul kok dari bawah dan diarahkan ke bagian belakang atas lapangan permainan lawan. Biasanya dilakukan dalam permainan tunggal, sehingga sering dinamakan dengan “deep single service”. Jenis ini dilakukan dengan pukulan forehand.
  3. Flick Servis Flick servis adalah cara servis yang dilakukan seperti servis pendek. Namun ketika kepala raket hampir menyentuh kok, secara tiba-tiba pergelangan tangan dilecutkan sehingga laju kok menjadi kencang dan melambung ke bagian belakang daerah servis. Jenis servis ini sering digunakan dalam permainan ganda. Pada saat kok dipukul, tangkai raket yang melakukan servis harus mengarah ke bawah, dan seluruh bagian kepala raket yang melakukan servis tersebut berada lebih rendah dari tangan yang memegang raket.Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar 5 : Pukulan servis 


b. Pukulan Lob/Clear
        Teknik ini dilakukan dengan cara memukul kok agar bisa terbang setinggi mungkin dan jatuhnya di belakang garis lapangan area tim lawan. Pukulan seperti ini biasanya akan membuat lawan kewalahan sehingga mereka pun jadi cepat lelah.
        Cara melakukannya adalah : berdiri rileks, posisi badan di tempatkan sedemikian rupa di belakang kok, sementara salah satu kaki berada di depan dan berat badan jatuh di kaki belakang. Kok dipukul di depan di depan atas kepala dengan cara mengayunkan raket ke depan atas yang dilanjutkan dengan meluruskan lengan sepenuhnya. Lecutkan pergelangan tangan ke depan . Setelah raket menyentuh kok, dilanjutkan dengan memukul sehingga raket berada di samping. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar 6 : Pukulan Lob


c. Pukulan Smash
        Gerakan dalam smash ini dilakukan dengan sekuat tenaga dari posisi atas dan menukik diarahkan ke posisi bawah lawan. Pukulan smash ini biasanya dilakukan untuk mematikan langkah lawan dalam mendapatkan poin. Dalam melakukan teknik pukulan smash membutuhkan beberapa aspek kekuatan otot kaki, bahu, lengan dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak harmonis karena dalam melakukan teknik pukulanini yang keras dan cepat.
        Teknik pukulan smash dapat dilakukan secara berdiri, diam ataupun sambil meloncat. Jenis-jenis pukulan smash yang terdapat dalam permainan bulutangkis adalah sebagai berikut : pukulan smash penuh, pukulan smah potong, pukulan smash backhand dan pukulan smash melingkar diatas kepala. Untuk setiap pemain buutangkis harus bisa menguasai semua teknik smash tersebut secara bertahap karena manfaatnya sangat berpengaruh dalam sebuah pertandingan. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 7. Pukulan Smash


d. Pukulan Dropshot
        Pukulan Dropshot adalah pukulan menyerang dengan menempatkan bola tipis dekat jaring/met pada lapangan lawan. Pukulan dropshot ini merupakan jenis pukulan yang hampir sama dengan pukulan smash, yang menjadi perbedaan hanya pada posisi raket pada saat akan melakukan pukulan. Jika pukulan smash di lakukan dengan kekuatan penuh, maka pada pukulan dropshot hanya di pukul dengan dorongan saja . Pukulan dropshot yang baik jika jatuhnya bola/shuttlecock berada dekat dengan net serta tidak melebihi pada garis ganda. Pukulan dropshot akan semakin mematikan jika disertai dengan gerak tipu atau gerakan yang membuat lawan menjadi tertipu.
        Berikut ini adalah tahap-tahap melakukan dropshot dalam permainan bulutangkis : Posisikan tangan dengan pegangan forehand dan raket dengan posisi menyamping badan, Peganglah raket dengan rileks dan bergeraklah dengan cepat agar posisi badan berada di belakang bola/shuttlecock. Pukul raket dengan posisi tangan lurus serta dorong atau sentuh bola/shuttlecock dengan halus. Arah bola/shuttlecock melengkung ke arah kanan apabila akan memberikan pukulan dropshot ke arah forehand serta arahkan bola/shuttlecock melengkung ke arah kiri apabila akan melakukan pukulan backhand dan posisi akhir raket mengikuti arah shuttlecock/bola. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 8. Pukulan Dropshot


e. Pukulan Drive
        Pukulan drive adalah jenis pukulan keras dan cepat yang arahnya mendatar. Pukulan drive biasanya digunakan untuk menyerang atau mengembalikan bola dengan cepat secara lurus maupun menyilang ke arah lawan, baik dengan forehand maupun backhand. Pukulan ini biasa digunakan untuk shuttlecock yang datangnya mendatar atau tidak ada lagi kesempatan bagi kalian untuk melakukan pukulan overhead. Manfaat dari pukulan drive ini adalah untuk mempercepat tempo permainan dengan meluncurkan shuttlecock serendah-rendahnya dan rata dengan net. Selain itu pukulan drive juga berfungsi untuk mengacaukan posisi lawan. Jadi bisa kalian simpulkan dengan menguasai salah satu jenis pukulan ini kalian bisa menjadi pemain bulutangkis yang hebat.
        Tujuan dari pukulan drive adalah untuk menghindari serangan dari lawan atau memaksa lawan untuk mengangkat bola. Pukulan drive menuntut pemain untuk terampil dalam memainkan grip raket, mempunyai reflek yang cepat serta memiliki kekuatan dalam pergelangan tangan. Cara melakukan pukulan drive sebenarnya sangat sederhana, yaitu ambil dan pukullah shuttlecock dari samping badan pada ketinggian pinggang. Apabila kalian mengambil shuttlecock dari tempat lebih rendah, misalnya setinggi lutut maka pukulan drive akan kehilangan daya serangnya, lagi pula amat mudah dicegat dan ditebas oleh lawan. Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 9. Pukulan Drive


f. Pukulan Netting
        Netting adalah pukulan pendek yang dilakukan di depan net dengan tujuan untuk mengarahkan bola setipis mungkin jaraknya dengan net di daerah lawan. Pukulan yang dilakukan dengan pelan oleh pemain ke arah permainan lawan seringkali membuat lawan kewalahan, apalagi jika lawan sudah mengalami kelelahan sehingga kecermatannya mulai berkurang saat mengembalikan shutllecock. Permainan netting dalam bulutangkis memang tidaklah mudah, dibutuhkan kecermatan serta keahlian yang cukup untuk melakukannya, kalau tidak maka shuttlecock tidak akan menyeberang dan hanya akan menyangkut di net pada daerah permainan sendiri, hal ini tentu saja malah akan memberikan keutungan bagi lawan.
        Pukulan-pukulan dalam permainan netting merupakan pukulan-pukulan yang cukup sulit dalam permainan bulutangkis karena sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya bahwa pukulan ini memang memerlukan kecermatan dengan penuh perasaan (feeling). Dalam permainan net ini tenaga hampir tidak diperlukan sama sekali, dengan tenang yang bersifat lentur, shuttlecock yang ringan itu dengan sendirinya akan memantul. Hal ini terutama dalam permainan net di mana shuttlecock diambilnya di atas.

Prinsip dasar saat melakukan keterampilan gerak netting :
  1. Pegang raket dengan rileks sebisa yang kalian lakukan.
  2. Shuttlecock harus di ambil di atas atau setinggi mungkin.
  3. Usahakan laju shuttlecock serendah mungkin dengan bagian atas net.
  4. Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat atau sedekat mungkin dengan net.
Untuk lebih jelasnya kalian perhatikan gambar di bawah ini :

Gambar 10. Pukulan Netting




EVALUASI

Setelah kalian mengerjakan latihan dengan memperoleh kategori baik, maka kalian kerjakan tes akhir modul berikut ini !

1. Teknik melangkahkan kaki (footwork) dalam permainan bulutangkis, antara lain langkah…
a. berurutan dan silang
b. silang dan lebar
c. lebar dan mundur
d. mundur dan samping
e. berurutan, silang dan lebar

2. Teknik pukulan bulutangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan merupakan jenis pukulan ...
a. dropshot
b. servis
c. smash
d. drive
e. lob

3. Teknik melangkahkan kaki/footwork dalam permainan bulutangkis berfungsi sebagai penopang tubuh untuk bergerak ke segala arah dengan cepat, sehingga dapat memposisikan tubuh sedemikian rupa agar dapat melakukan …
a. gerakan lari
b. gerakan pukulan
c. langkah ke depan
d. gerakan loncatan
e. langkah ke belakang

4. Perhatikan gambar di bawah ini !


Dalam permainan bulutangkis gerakan tersebut sering dilakukan oleh pemain. Gerakan tersebut merupakan teknik pukulan…
a. servis pendek
b. servis panjang
c. servis datar
d. flick servis
e. drive servis

5. Pukulan drive merupakan pukulan permainan bulutangkis yang berada di samping badan dan dilakukan mendatar lurus atau menyamping digunakan untuk …
a. memberikan umpan lawan
b. persiapan melakukan smash
c. menyerang atau mengembalikan kok
d. mengecoh pertahanan lawan
e. persiapan dalam pertahanan

6. Perhatikan gambar di bawah ini !

Merupakan rangkaian gambar gerakan pukulan pada permainan bulutangkis, yaitu teknik pukulan …
a. smash
b. lob
c. drive
d. netting
e. drop shot

7. Perhatikan gambar di bawah ini !

Gambar tersebut merupakan rangkaian gerakan teknik pukulan smash dalam permainan bulutangkis. Urutan gerakan smash yang benar adalah …
a. 1, 2, 3, 4
b. 2, 4, 1, 3
c. 2, 3, 4, 1
d. 1, 3, 2, 4
e. 4, 3, 2, 1

8. Perhatikan gambar di bawah ini !

Merupakan rangkaian gerakan dalam permainan bulutangkis, yaitu teknik gerakan …
a. servis pendek
b. pukulan backhand
c. pukulan drive
d. servis panjang
e. pukulan netting

9. Perhatikan gambar di bawah ini !


Merupakan rangkaian gambar gerakan pukulan pada permainan bulutangkis, yaitu teknik pukulan …
a. lob
b. drive
c. smash
d. netting
e. drop shot

10. Untuk menghasilkan pukulan netting yang tipis, maka pemain harus konsentrasi dengan baik sehingga saat memukul bola sedapat mungkin posisi bola masih di atas atau jarak dengan bibir net masih tipis dan sedikit melibatkan otot besar atau mengurangi …
a. tenaga untuk memukul
b. perkenaan kok dengan raket
c. langkah kaki ke depan
d. pukulan yang mengecoh lawan
e. kontraksi otot yang berlebihan

Posting Komentar untuk "PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) KELAS X"