Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KEANEKARAGAMAN HAYATI

                                                        KEANEKARAMAN HAYATI


https://kabarpapua.co/wp-content/uploads/2019/06/Burung-Cenderawasih-assets-a2.kompasiana.com-Ilustrasi.jpg





           Tahukah anda bahwa Negara Indonesia  merupakan salah satu  dari tiga negara yang mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat tinggi ? Zaire dan Brazil dua negara lainnya yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi , namun Indonesia memiliki banyak keunikan keaneragaman hayati karena letak wilayah negara kita berada diantara dua benua yaitu benua Asia dan Afrika. Namun sangat di sayangkan saat ini beberapa jenis tumbuhan dan hewan banyak yang mulai langka. Akankah kita berdiam diri ? Hal apa sjakah yang perlu kita lakukan agar keaneragaman hayati di Indonesia tetap terjaga ?

Kompetensi Dasar

3.2 Menganalisis data hasil observasi tentang berbagai tingkat kenekaragaman hayati           (gen,jenis,ekosistem ) di Indonesian serta ancaman dan pelestariannya.

4.2 Menyajikan hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia dan usulan upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia berdasarkan hasil analisis data ancaman kelestarian berbagai keanekaragaman hewan dan tumbuhan khas Indonesia dalam berbagai bentuk media informasi.



            Indonesia memiliki potensi keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, Burung Cendrawasih merupakan salah satu jenis keanekaragaman hayati yang mulai langka keberadaannya. Oleh sebab itu  kita perlu melakukan berbagai upaya agar keanekaragaman hayati di Indonesia tetap terjaga kelestariannya.

            Berdasarkan tingkatannya keanekaragam hayati di Indonesia dibedakan menjadi tiga bagiian. Dalam materi ini anda kan mempelajari tentang  Konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem,  Keanekaragaman hayati Indonesia,  flora dan fauna, serta penyebarannya berdasarkan  Garis Wallace dan Garis Weber,  Keunikan hutan hujan tropis Indonesia, Pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia dan Upaya pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia . 

A. Konsep Keanekaragaman Hayati

             Masing - masing makhluk hidup memiliki ciri  / perbedaan dengan makhluk hidup lainnya. Dengan adanya perbedaan tersebut dapat menimbulkan adanya keanekaragaman hayati.

Lakukan kegiatan di bawah ini agar anda lebih memahami apa itu keanekaragaman hayati

                        Mendiskripsikan Jenis-jenis dan konsep Keanekaragaman hayati

1. Amati dengan seksama gambar di bawah ini ,ciri apasajakah yang dapat anda temukan !

https://duniapendidikan.co.id/wp-content/uploads/2020/04/contoh-keanekaragaman.png

2. Setelah anda amati gambar tersebut, silahkan identifikasi (catatlah ) hasil pengamatan   anda kemudian buatlah pertanyaan tentang Keanekaragaman hayati ! Kalian boleh mencari informasi dari berbagai sumber .

3. Untuk menjawab pertanyaan berikut, kalian bisa berdiskusi dengan teman anda

    a. Dari gambar yang anda amati di atas, apa yang anda ketahui tentang Keanekaragaman hayati ?

    b. Bunga mawar berwarna merah, putih, merah, merah muda menunjukkan keanekaragaman tingkat          apa ?  Jelaskan pendapat anda !

    c. Kucing, singa,harimau merupakan contoh keanekaragaman tingkat apa ? Jelaskan !

    d. Bunga mawar akan tumbuh dengan sempurna bila hidup di daerah yang suhunya dingin,                         Apakah bunga mawar bisa tumbuh sbur juga jika di tanam di daerah pesisir (pantai ) ? Jelaskan!

4. Berdasarkan tingkatannya Keanekaragaman Hayati dibedakan menjadi tida bagian, sebutkan dan 

     masing-masing brikan penjelasannya !

5. Apa yang dimaksud dengan fenotipe dan genotipe !

6. Presentasikan hasil diskusi anda dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh teman teman kalian !


B. Keanekaragaman Hayati di Indonsia

        Indonesia termasuk salah satu dari tiga negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, meskipun penyebaran flaora dan fauna tidak merata di beberapa pulau. Namun demikian Indonesia memiliki beberapa spesies endemik  yang tersebar di beberapa pulau. Keanekaragaman hayati di Indonesia meliputi keanekaragaman flora dan fauna. yang akan dijelaskan sebagai berikut.

1. Keanekaragan Fauna di Indonesia

    Yang dimaksud fauna di sini adallah hewan, keberadaannya di Indonesia sangat melimpah, banyak sekali variasi fauna di Indonesia, meskipun tidak merata  di beberapa daerah .Hal disebabkan karena negara kita dipisahkan oleh garis weber dan garis walace.. Untuk membuktikan persebaran fauna di Indonesia lakukan kegiatan berikut .


Gb. Pembagian wilayah Indonesia bersarkan garis weber dan walace

1.Amatilah gambar di atas dengan teliti, kemuadian andan identifikasi daerah mana saja yang termasuk 
   dalam wieber dan walace
2. Apa yang anda ketahui tentang garis weber dan garis walace ,jelaskan !
3. Setelah melakukan pengamatan tersebut , ,terdapat tiga wilayah fauna di negara kita ,yaitu fauna daerah Australian, fauna peralihan dan fauna daerah oriental. 
Jelaskan ketiga pembagian fauna tersebut dan berikan contoh fauna fauna yang hidup di wilayah tersebut !

2. Keaneragaman Flora di Indonesia

     Disamping Indonesia memiliki keanekaragaman fauna, ternyata Flora di Indonesia juga memiliki variasi atau keanekaragaman yang sngat tinggi, meski tidak tersebar merata di beberapa Pulau di Indonesi.Pulau Kalimantan termasuk salah satu pulau di Indonesia yang memilki keanekaragam tumbuhan yang paling tinggi dibanding pulau pulau yang lainnya. 
      Sebagian wilayah Indonesia mempunyai Hutan hujan tropis yang komunitas tumbuhannya  sangat lebat, Jenis flora di Indonesia termasuk dalam kawasan flora Malesiana yang artinya suatu wilayah yang luas meliputi Indonesia, Malaysia,, Papua Nugini, Philipina dan dan kepulauan Solomon. 

C. Manfaat Keanekaragaman Hayati

      Allah SWT telah melimpahkan begitu banyak keindahan dan kekayaan di Indonesia yang berupa tingginya keanekaragaman hayati di Indonesia , agar manfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Manfaatnya bisa kita rasakan dari berbagai bidang antara lain Bidang pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan ekologi.
Jelaskan peranan kenekaragan hayati bagi kehidupan yang dilihat dari ke empat bidang tersebut di atas !

D. Aktivitas Manusia yang menyebabkan berkurangnya keanekargaman hayati

      Peningkatan kebutuhan manusia yang tidak diimbangi dengan kapasitas alam akan menyebabkan berkurangnya atau punahnya keanekaragaman hayati. Beberapa keanekaragaman hayati tingkat gen,jenis dan ekosistem di Indonesia mengalami kepunahan karena ulah manusia , maka dari itu perlu dilakukan beberapa aktivitas pelestarian alam agar kelestarian keanekaragaman hayati negara kita tetap lestari dan terjaga. Berikut ini adalah aktivitas manusia yang menyebabkan berkurangnya / hilangnya keanekaragaman hayati di Indonesia .
     1. Secara berlebihan memanfaatkan spesies hewan dan tumbuhan 
Saat ini banyak masyarakat sedang berburu mengoleksi hewan atau tanaman, hal ini dapat menyebabkan  tanaman yang tidak terpilih akan tersisihkan dan pada akhirnya akan punah
      2. Penebangan hutan secara liar ,yang digunakan untuk pertanian dan  pemukiman penduduk yang akhirnya menjadi perkotaan
       3. Pemakaian pestisida, yang bertujuan membunuh oeganisme/tanaman pengganggu juga dapat berpengaruh terhadap keseimbangan keanekaragaman hayati.
       4. Pencemaran lingkungan
       5. Seleksi jenis spesies spesies yang di sukai.

E. Aktivitas Manusia yang menyebabkan meningkatnya  keanekargaman hayati

      1. Konservasi secara ex-situ dan In situ
      2.  Reboisasi
      3. Pembuatan taman-taman kota
      4. Melakukan perkawinan silang yang akan menghasilkan varietas baru



Latihan soal

1. Tumbuhan dan hewan di sekitar kita memiliki banyak variasi, baik dari warna ataupun ukurannya. Menurut pendapat anda apa yang menyebabkan terjadinya variasi / keanekaragaman hayati ?

2. Berdasarkan tingkatannya keanekaragaman hayati di bedakan menjadi tiga yatitu tingkat jenis,spesies dan ekosistem. Apa yang anda ketahui tentang ketiga tingkat keanekaragam hayati tersebut dan masing-masing  berikan contohnya !

3.  Secara biogeografi, Indonesia dapat dibagi menjadi tiga kawasan, yaitu kawasan oriental, Australian, dan kawasan peralihan. Tuliskan daerah yang termasuk dalam kawasan-kawasan tersebut!

4. Menurut Wallace, Indonesia dibagi menjadi tiga zona. Sebutkan tiga zona tersebut, bersama contoh hewannya.

5. Aktivitas manusia apa sajakah yang dapat meburunkan dan meningkatkan keanekaragaman hayati !

aya 168. Termasuk kedalam keanekaragaman tingkat apakah gambar di atas?

Posting Komentar untuk "KEANEKARAGAMAN HAYATI "