Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TEKS EKSPOSISI 2







PETA KONSEP





PENDAHULUAN

          A. IDENTITAS MODUL

        Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia

        Kelas                            :X

        Alokasi Waktu              :4 x 45 menit

        Judul modul                   : Teks Eksposisi

         B.  KOPETENSI DASAR

          3.4.   Mengidentifikasi (permsalahan argumentasi pengetahuan dan rekomendasi) teks eksposisi                                didengar dan atau dibaca.

          4.3.   Mengembangkan isi (permasalahan argumen pengetahuan dan rekomendasi )teks eksposisi secara                     lisan dan/ tulis.

        C. DESKRIPSI SINGKAT MATERI

      Assalamualaikum wr. wb.. hallo sampai jumpa dan  bertemu kembali, bagaimana kabarnya kalian hari ini? pasti kalian tetap keadaan sehat dan bahagia selalu. yakinlah kamu untuk pembelajaran bab baru ini  kamu akan mencetak prestasi-prestasi yang unggul, percayalah kamu pasti bisa dan bisa meraihnya.amiinnn...  ingatlah sebuah perjalanan memulai dari awal atau dari dal yang kecil untuk menempuh keberhasilan. artinya  untuk keerhasilan itu adalah berwal dari kegagalan. ayuk mulai sekarang kita persiapkan  untuk bekal meraih prestasi kalian saat ini. bagaimanapun persiapanmu saat ini sangat berarti dan sangat besar untuk suatu saat nanti.

        D. PENGGUNAAN MODUL 

1. kalian memastikan target yang akan dicapai.

2. Awali membaca materi.

3.  Mengerjakan latihan-latihan soal 

4. sudah menyelesaikan mengerjakan soal  lalu lihatlah kunci jawaban  yang ada dibawah modul.(bagian modul) dan hitunglajh skor  yang anda dapat.

5. kalau skor dibawah 70, coba baca lagi  materinya.

6.kalau skor anda minimal 70 anda bisa melanjutkan kemateri atau kepembelajaran berikutnya. 


samakan jawaban anda dengan kunci jawaban soal latihan  atau evaluasi  bagian yang terakhir kegiatan  belajar.dan akhir evaluasi. lalu hitung  jawaban yang benar.  lalu gunakan rumus  agar bisa mengetahui tinggi rendahnya nilai.

NILAI= Jumlah skor persoalan /jumlah skor maksimum x 100%


Tingkat Nilai  Penguasaan :

90 -100    = Baik Sekali

80 - 89     =  Baik 

70 - 79     = Cukup

< 70 %     = Kurang


MATERI PEMBELAJARAN 

        Anda tentu sering membaca surat kabar, majalah atau Artikel di media cetak  atau dimedia elektronik. informasi yang anda baca dimedia tersebut termasuk kedalam teks eksposisi. namun, teks eksposisi tidak hanya dapat kita temukan  dimedia tesebut. jika anda berdiskusi  dengan teman, informasi yang anda  bagikan itu juga  termasuk  eksposisi. jadi, apa sebenarnya  teks eksposisi itu? apa saja unsur yang harus ada didalamnya,? mari, kita cari tahu  dalam materi pembelajaran  di Bab 2 ini!

A. Menginterpretasi  Makna dalam  Teks  Eksposisi

    Teks Eksposisi adalah  Suatu teks berisi informasi  dan pengetahuan  yang dimuat secara singkat dan padat. tujuan dari  Teks Eksposisi  adalah menjelaskan  informasi  tertentu agar  bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, agar pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci  dari suatu hal  atau kejadian. biasanya juga digunakan untuk acara  Ceramah, Perkuliahan , pidato, Editorial, opini atau sejenisnya.

Pembicara atau penulis  dapat menggunakan fakta dan opini. Fakta adalah  informasi mengungkapkan kedaan sebenarnya, sesuai dengan kenyaataan yang ada.  biasanya  diseratai  dengan data-data  dan bukti seperti (tanggal, hari, bulan, tahun), tempat, grafik  tabel gambar  dan lainnya yang bisa dibuat bukti.  Opini adalah  Ide, pendapat, dan gagasan  dari seseorang pada suatu topik  dan bisa juga disebut, masalah yang faktual. didalam opini  untuk mengetahui   subjektivitas  penulis  untuk permasalahan  yang bisa diangkat. 

Menurut Kamus  Bahasa Indonesia bisa diartikan sebagai  tafsiran  sesuatu. jika diartikan  dengan teks  maka menginterpretasi  adalah memaknai suatu teks. jika  menginterpretasi  pada teks eksposisi  maka hal itu  berarti  menulis kembali  teks eksposisi  yang telah dibuat  dengan menggunakan  bahasa , kalimat  dan pemamahaman sendiri  tentunya tidak mengganggu dari  struktur teks  eksposisi itu sendiri.   dalam teks eksposisi juga diinterpretasi hendak  ditampilkan opini, kesan, atau komentar penulissehingga dapat meningkatkan pemahaman penulis terhadap teks eksposisi Tersebut.

Ada juga  langkah-langkah menginterpretasi sebagai berikut.

1. Membaca berulang - ulang

2. Memahami isi Teks 

3. Menemukan Makna Istilah  Tertentu 

4. Mengungkapkan  dengan kata sendiri


Aktivitas Mandiri

Bacalah  teks eksposisi  "Manfaat Liah Buaya" berikut ini!

Manfaat Lidah Buaya

  Sejak dahulu, orang - orang tua kita, mengenalkan manfaat lidah buaya . pada pemanfaatan tanaman lidah buaya tidak  hanya   berguna  menyuburkan  rambut saja melainkan, juga bermanfaat  untuk kesehatan tubuh manusia. walaupun  sejak dahulu  dikenal  mempunyai  banyak  manfaat, namun tidak banyak  orang yang mengetahuai bahwa tanaman ini  dapat dijadikan  sebagai komoditas yang sangat menguntungkan. peneliti juga mengungkapkan banyak sekali pemanmanfaatan dari tanaman lidah buaya. dibawah ini  akan dijelaskan mengenai  mannfaat tanaman  tersebut...

    1.  Daun dari tanaman lidah buaya bisa  dijadikan menjadi obat  yang  baik untuk mempercepat  proses penyembuhan. daun ini juga  dinilai sangat ampuh  untuk mengobati   bekas luka,  luka  cidera  ataupun luka  luka terbakar.

    2. lidah buaya juga  dikenal bersifat  atiinflamasinya. dengan kata lain. lidah buaya  memiliki kemampuan yang baik untuk memperlambat peradangan, adanya asam lemak. mengoleskan  geli lidah  buaya  mencegah  atau menghentikan  perdagangan  yang disebabkan  oleh cidera

    3.Tanaman ini dapat  meningkatkan proses  pencernaan  dan membantu  detoksifikasi tubuh. tanaman ini  juga  sangat baik untuk mengatasi  sembelit.

    Sudah sangat jelas tumbuhan ini   tidak hanya  bermanfaat sebagai ramuan saja, tapi  untuk menyuburkan rambut , akan tetapi bisa dijadikan sebagai  makanan alami yang sangat menyehatkan. ternyata alam atau tumbuhan-tumbuhan  sangat lengkap menyediakannya untuk kita(manusia).

   Pertanyaan : 

1.    Jelaskan pendapat menurut anda Apa yang disampaikan  penulis  dalam teks tersebut?

2.    Jelaskan menurut anda Apa Argumen yang sudah disampaikan  penulis  untuk mendukung pendapatnya?

3.    Apakah rekomendasi yang disamapaiakan  oleh penulis?

4.  Tulislah menurut anda kalimat fakta  dan kalimat opini  yang terdapat   pada teks tersebut?


B.    Mengembangkan struktur dan kebahasaan teks Eksposisi

        Eksposisi biasa digunakan seseorang untuk menyajikan gagasan. gagasan tersebut dikaji oleh penulis atau pembicara berdasarkan sudut pandang tertentu. untuk menguatkan gagasan yang disampaikan, penulis atau pembicra harus menyertakan alasan -alasan logis. dengan kata lain, ia bertanggung jawab untuk membuktikan , mengevaluasi  atau mengklarifikasi permasalahan tersebutbentuk  teks ini biasa digunakan dalam kegiatan ceramah , perkuliaahan , pidato,editorial , opini, dan sejenisnya.

    Aktifitas Mandiri 6

kerjakan dengan baik tugas-tugas berikut!

1.    Bacalah kembali teks Berjudul[ "Manfaat Lidah Buaya"

2.    tentukan gagasan  pokok dan gagasan penjelas  masing-masing paragraf teks tersebut

3.    Ubahlah setiap paragraf  dengan bahasa anda tanpa mengubah isi yang disampaikan  penulis aslinya


C. menelaah  struktur   dan kebahasaan teks  eksosisi 

                Teks eksposisi merupakan teks yang dibangun oleh pendapat atau opini. Sma seperti teks bahasa Indonesia lainnya, teks eksposisis memil[iki sruktur yang membedaakan teks ini dengan dengan dengan jenis-jenis teks lainnya. Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisis meliputi(a) tesis atau pernyataan pendapa, (b) argument tasi, (c) penegasan ulang.

                Tesis atau pernytaan pendapat adal[ah bagian pembuka dal[am teks eksposisi. Bagian teersebut berisi pendapat  umum yang disampaikan penul[is terhadap permasl[ahn yang diangkat dal[am teks eksposisi. Argumentasi merupakan unsur penjelas untuk pendukung tesis yang disampaikan. Argument tesis dapat berupa al[asan l[ogis, data hasil[ temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argument yang baik harus mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembiara. Bagian terakhir adalah penegasan ulang, yaitu  bagian yang betujuan menegasan pendapat awal serta menambah rekomendasi atau saran terhadap permasal[ahan yangdiangkat.

                dal[am teks eksposisi dapat digunakan istil[ah yang sesui denga bidang permasal[ahan yang dibahaas. Istilah adalah kata atau gabungan  kata dengan ermat mengungkapkan suatu makna, konsep, proses, keadaan, atau sifat  khas dal[am bidang tertentu . penggunaan istil[ah tersebut membantu penul[is  atau pembiara  memperkuat gagasan yang disampaikan. Selain menggunakan istil[ah dal[am bidang yang dibahas, teks eksposisi menggumnkan kata sifat. Dal[am teks ekspossi juga ditemukan perubahan jenis kata karena afiksasi. Teks eksposisi juga menggunakan kal[mat verbal, yaitu kal[imat berpredikat verba.

Aktifitas Mandiri

 

D. Menyajikan gagasan kedal[am teks eksposisi

                Dalam meproduksi teks eksposisi, ada beberapa syarat yang harus dimiki penul[is sebel[um memproduksi eksposisi seara tertul[is. Syaarat yang haris dipenuhi sebel[um memproduksi teks eksposisi,  yaitu(1) penul[I harus memahami tujian tul[isan dal[am produk yang akan ditul[isnya, dan (2) penul[is harus mampu mengananal[isisi masal[ag yang ditul[iska seara jelas  dengan didukung  fakta –fakta dan kongkret

                Adapun langkah –langkah dalam menyususn teks eksposisi seara tertulis, yakni(1) menentukan topic,(2) menentukan tujuan eksposisi , (3) memil[[h data sesuai tema, (4) membuat kerangka karangka karangan, (5)pembahaan dengan  mengembangkan kerangka karangan, dan (6) membuat simpulan

1. Menentukan Topik 

                Langkah pertama yang harus dilakukan saat membuat teks eksposisi adalah menentukan tema.  Dengan menntukan  tema pada saat menulis kita llebih terfokus pada tema tersebut  sehingga dapat menjiwai tulisan yang dibauat. Topic yang dipilih harus menarik dan kita kuasai suatu topic dikatakan menarik apabila topic itu berkenaa menarik apabila topic itu berkenaan dengan hal-hal actual, menyangkut kepentingan memnbaca, menyangkut orang-orang terkenal atau eritiwa besar, dan hal-hal yang langkah atau unik.

2. Menentukan tujuan eksposisi

                Setelah mennetukan topic yang akan  dipaparkan, kita harus memiliki tujuan yang nntinya memberikan penjelasan dan pemahaman terhadap pembaca.

3. memilih data yang sesuai dengan tema

                Setelah meentukan tema dan tujuan penuklisan,  langkah selanjutnya yang akan dilakukan adalah mengumpulkan data bahan yang diperlukan  dalam penulisan teks eksposisi. Bahan diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabarr, mapun wawancara langsung.

4. Menyusun kerangka karangan

                Sebelum membuat karangan eksposisi, terlebiih dahulau membuat kerangkany a secara lengkap dan sistematis. Bahan bahan yang erlukita baca adalah bahan – bahan yang sesuai dengan perincian gagasan itu.

5. Pembahasan dengan mengembangkan kerangka karangan

                Setelah kerangka karangan tersususn,  mengembagkan secara lebih lengkap lagi agar ciri-ciri eksposisi dapat tersalurkan,  eksposis yang bersifat informative, objektif, dan logis. Dalam karangan ini,  pengarang lebih mnjelaskan maksud topiknya  itu dengan menyertakan bukti-bukti  yang kongkret sebaagaai penunjang  dari pembahasan itu

6. Membuat simpulan

                 Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisis, kesimpulan harus sejalan bahkan harus memperkuat tesis tersebut.


Posting Komentar untuk "TEKS EKSPOSISI 2"