Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI

     PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI


KOMPETENSI DASAR

    3.1 Memahami pengetahuan dasar geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari- hari.

 

    4.1 Menyajikan contoh penerapan pengetahuan dasar geografi dalam kehidupan sehari-hari dalam                    bentuk tulisan.


       A.      Pengertian Geografi

                                Pemahaman geografi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu seiring                   kemajuan pemikiran penelaahan manusia. Kata geografi berasal dari geo yang artinya                           bumi, dan graphein yang artinya gambaran. Ungkapan itu pertama kali dikemukakan oleh                       Eratosthenes (276-194 SM) seorang ilmuwan Yunani memperkenalkan pengertian geografi                   dalam bukunya yang berjudul “Geographica”. Kata itu berakar dari geo yang artinya bumi dan                graphika yang artinya lukisan atau tulisan. Eratosthenes berpendapat bahwa Bumi berbentuk                    bulat.
                                Berikut adalah beberapa pengertian tentang geografi yang dikemukakan oleh para                    ahli, diantaranya yaitu:
                1)       Bernahadus Varenius (1622-1650)
                       Bernahadus Varenius dalam bukunya, Geographia Generalis, ia mengatakan bahwa                           geografi adalah campuran dari matematika yang membahas kondisi Bumi beserta                                   bagian-bagiannya juga tentang benda-benda langit lainnya. Ia membagi bidang kajian                           geografi menjadi dua, yaitu geografi umum dan geografi khusus.
                       
                        Geografi umum membahas tentang karakteristik Bumi mencakup tiga bagian yaitu:
                        a)      Terestrial, merupakan pengetahuan tentang Bumi secara keseluruhan, bentuk, dan                                     ukurannya.
                        b)      Astronomis, membicarakan hubungan Bumi dengan bintang-bintang yang                                                merupakan cikal bakal ilmu Kosmografi.
                        c)      Komparatif, menyajikan deskripsi lengkap mengenai Bumi, letak, dan tempat-                                          tempat di permukaan Bumi.

 

                        Sedangkan geografi khusus mendeskripsikan tentang wilayah yang terdiri dari tiga                                 aspek, yaitu:

                        a)      Atmosfer, yang secara khusus membicarakan iklim.

                        b)      Litosfer, yang secara khusus menelaah permukaan Bumi meliputi relief, vegetasi,                                   dan  fauna dari berbagai negeri.

                         c)     Manusia, yang membicarakan keadaan penduduk, perniagaan, dan pemerintahan                                   dari berbagai negeri.

               2)       Immanuel Kant (1724–1821)

                                    Selain sebagai seorang geograf, Kant juga seorang filsuf. Kant tertarik pada                             geografi karena menurutnya ilmu itu dekat dengan filsafat. Semua gagasan Kant tentang                         hakikat geografi dapat ditemukan dalam buku Physische Geographie yang ditulisnya.                             Menurutnya, geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau                         gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.

                3)       Alexander von Humboldt (1769–1859)

                                        Pada mulanya Humboldt adalah seorang ahli botani. Ia tertarik geografi ketika                         ia mulai mempelajari tentang batuan. Ia diakui sebagai peletak dasar geografi fisik                                modern. Ia menyatakan geografi identik atau serupa dengan geografi fisik. Ia                                            menjelaskan bagaimana kaitan Bumi dengan Matahari dan perilaku Bumi dalam ruang                            angkasa, gejala cuaca dan iklim di dunia, tipe-tipe permukaan Bumi dan proses                                         terjadinya, serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer.

                4)       Bintarto (1977)

                                    Bintarto mengemukakan, bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang                                    mencitra, menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk serta                                    mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur                             bumi dalam ruang dan waktu.

                5)       Daldjoeni

                                   Menurut Daldjoeni geografi merupakan ilmu pengetahuan yang                                                 mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region                     (wilayah). Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami                             maupun manusiawi di muka Bumi. Kemudian dalam hal ekologi, geografi mempelajari                         bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Adapun dalam hal                         region, geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan                                 kesatuan fisiografisnya.

                6)       Hasil Seminar Semarang (1988)

                                       Seminar Lokakarya Ikatan Geograf Indonesia (IGI) di Semarang                                              sepakat bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan                                      fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks                          keruangan.

        B. Objek, Aspek dan Konsep Essensial Geografi

            1. Objek Geografi

                                Objek studi geografi terdiri dari objek material (subtansi materi yang dikaji) dan                     objek formal (cara pandang dan berpikir terhadap fenomena). Objek material geografi yakni                  fenomena geosfer (litosfer, pedosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer, dan antroposfer. Objek                         material geografi bisa menjadi objek kajian ilmu-ilmu lain contohnya litosfer bisa menjadi                     objek kajian ilmu geologi, petrografi, dan mineralogi tetapi yang membedakannya objek                         formal dari masing-masing ilmu.

                                Objek formal geografi berupa pendekatan (cara/sudut pandang) yang digunakan                     dalam memahami objek material. Dalam konteks itu geografi memiliki sudut pandang                             spesifik yang membedakan dengan ilmu-ilmu lain:

                  1)     Sudut pandang keruangan

                        Melalui sudut pandang keruangan, objek formal ditinjau dari segi nilai suatu tempat dari                         berbagai kepentingan. Dari hal ini kita bisa mempelajari tentang letak, jarak,                                            keterjangkauan (aksesibilitas), dan sebagainya.

                   2)     Sudut pandang kelingkungan

                        Sudut pandang ini diterapkan dengan cara mempelajari suatu tempat dalam kaitannya                            dengan keadaan suatu tempat beserta komponen- komponen di dalamnya dalam satu                                kesatuan wilayah. Komponen- komponen tersebut terdiri atas komponen abiotik dan                                biotik.

                   3)      Sudut pandang kewilayahan

                       Pada sudut pandang ini, objek formal dipelajari kesamaan dan perbedaannya                                          antarwilayah serta wilayah dengan ciri-ciri khas. Dari sudut pandang ini kemudian                                   muncul pewilayahan seperti kawasan gurun, yaitu daerah-daerah yang mempunyai ciri-                          ciri serupa dalam komponen atmosfer.

                Berdasarkan cara pandang objek formal, maka muncullah enam pertanyaan pokok sebagai                    ciri khas geografi yang dikenal dengan istilah 5W 1H, yaitu:

               a.   Pertanyaan What (apa), untuk mengetahui jenis fenomena alam yang terjadi.

               b.   Pertanyaan When (kapan), untuk mengetahui waktu terjadinya fenomena alam.

               c.   Pertanyaan Where (di mana), untuk mengetahui tempat fenomena alam berlangsung.

               d.   Pertanyaan Why (mengapa), untuk mengetahui penyebab terjadinya fenomena alam.

               e.    Pertanyaan Who (siapa), untuk mengetahui subjek atau pelaku yang menyebabkan                                    terjadinya fenomena alam.

               f.     Pertanyaan How (bagaimana), untuk mengetahui proses terjadinya fenomena alam.

            2. Aspek Geografi

                Perbedaan geografi dengan disiplin ilmu lainnya dapat dilihat dari aspek geografi.  Aspek                        geografi terbagi menjadi dua kelompok, yaitu aspek fisik dan aspek sosial.

                a.   Aspek Fisik

                  Aspek fisik geografi mengkaji segala fenomena geosfer yang mempengaruhi kehidupan                          manusia, meliputi aspek kimiawi, biologis, astronomis dan semua fenomena alam yang                          dapat diamati langsung. Contohnya sebagai berikut: aspek topologi (bentuk muka bumi                          (morfologi), letak atau lokasi sutua wilayah, luas dan batas-batas wilayah yang mempunyai                   ciri khas tertentu), aspek biotik (tumbuhan, hewan, manusia), dan aspek abiotik (kondisi                          tanah, hidrologi, atmosfer dari suatu wilayah.

                b.  Aspek Non Fisik/Sosial

                    Aspek sosial meliputi aspek antropologis, politis, ekonomis, dan aspek yang berhubungan                        dengan aktivitas dan pola hidup manusia (kebudayaan). Pada aspek sosial, manusia                                berperan sebagai fokus utama dari kajian geografi dengan memperhatikan pola penyebaran                     manusia dalam ruang dan kaitan perilaku manusia dengan lingkungannya.                                                Contohnya unsur tradisi, adat- istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-                           lembaga sosial, pertanian, perkebunan, pertambangan, industri, perdagangan, transportasi,                     pasar dan kegiatan ekonomi lainnya, unsur pendidikan, agama, bahasa dan                                               keseniaan, unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat.

       3. Konsep Essensial Geografi

Pada seminar dan lokakarya di IKIP Semarang tahun 1989 juga menyepakati 10 konsep dasar geografi, yaitu:

    1.  Konsep Lokasi

Dalam kajian geografi ada dua macam lokasi, yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif. Lokasi absolut menunjukkan letak suatu tempat/wilayah dipermukaan bumi yang secara eksak dapat dipastikan dan tidak berubah, ditunjukkan oleh letak lintang dan bujur (letak astronomis). Contoh: Indonesia terletak di 6°LU - 11°LS sampai dengan 95°BT - 141°BT

Sedangkan letak relatif merupakan letak suatu tempat/wilayah dikaitkan dengan wilayah yang lain.Contoh: Kabupaten Pasuruan berada di antara Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Mojokerto.

    2. Konsep jarak

      Menurut suharyono dan Amien (1994) menjelaskan bahwa jarak sebagai konsep geografi mempunyai arti penting bagi kehidupan sosial dan ekonomi. Sedangkan menurut Suhardjo (1988) menjelaskan ada tiga dimensi dalam ukuran jarak, yaitu (1) jarak fisik/geometrik yang diukur dengan satuan panjang seperti kilometer, mil, yard, dll; 2) jarak waktu dengan satuan ukuran jam, menit, hari, dsb; (3) jarak ekonomi yang dihitung dengan ongkos/biaya alam rupiah.

Konsep jarak di bagi menjadi dua yaitu, sebagai berikut:

-Jarak absolut/Mutlak adalah jarak yang di hitung dengan hitungan panjang

Contoh:Jarak dari Pasar Ngopak ke SMA Syarif Hidayatullah Grati sejauh 2 Km

-Jarak relatif adalah jarak yang di hitung dengan lamanya waktu

Contoh:dari Pasar Ngopak ke SMA Syarif Hidayatullah Grati membutuhkan waktu 10 menit (tanpa hambatan)

    3.  Konsep keterjangkauan

Konsep keterjangkauan berkaitan dengan kondisi medan atau ada tidaknya sarana angkutan atau komunikasi yang dapat dipakai. Keterjangkauan tidak saja ditentukan oleh kondisi alam, namun juga oleh perkembangan teknologi.

Contoh: dari Pulau Bawean untuk ke Surabaya membutuhkan transportasi pesawat/kapal

    4.  Konsep pola

Pola menggambarkan bentuk persebaran fenomena yang ada pada ruang di permukaan bumi, baik yang bersifat alamiah maupun hasil karya manusia, contohnya pola aliran sungai, pola persebaran penduduk, dll.

Contoh: persebaran penduduk di daerah sungai akan mengikuti alur sungai

    5.  Konsep morfologi

Morfologi atau bentuk muka bumi memiliki peranan penting antara lain berpengaruh terhadap pola persebaran penduduk, aktivitas penduduk dalam pengelolaan lahan, dll.

Contoh: Nongko Jajar merupakan daerah dataran tinggi di Kabupaten Pasuruan.

    6.  Konsep aglomerasi

Aglomerasi merupakan kecenderungan pengelompokan suatu fenomena tertentu pada suatu wilayah. Misalnya, pengelompokan industri, pengelompokan permukiman. Contoh : PIER merupakan daerah kawasan Industri di Kabupaten Pasuruan.

    7.  Konsep nilai kegunaan

Nilai kegunaan berkaitan dengan manfaat fenomena atau sumber daya alam tertentu yang tidak selalu memberikan manfaat yang sama bagi penduduknya.

Contoh: laut memiliki nilai kegunaan bagi para nelayan sebagi sumber penghasilan

    8.  Konsep interaksi/interdependensi

Adanya interaksi bahkan interdependensi disebabkan tidak ada satu wilayah di permukaan bumi yang bisa memenuhi kebutuhannya secara mandiri.

Contoh :
Pasar di kota membutuhkan pasokan hasil pertanian (missal: sayuran dan buah-buahan) dari desa

    9.  Konsep deferensiasi areal

Konsep ini timbul karena setiap wilayah memiliki karakteristik yang membedakannya dengan wilayah yang lain berupa fisik, sosial budaya, hasil interaksi antara unsur alam dan manusia dalam suatu wilayah.

Contoh :

a. Jenis tanaman yang dibudidayakan di dataran tinggi cenderung buah-buahan dan sayuran, akan berbeda dengan jenis tanaman di dataran rendah misalnya padi dan jagung.

b. Jenis mata pencaharian penduduk, misalnya penduduk yang tinggal di daerah pantai dominan bermata pencaharian sebagai nelayan, berbeda dengan penduduk yang tinggal di daerah rendah cenderung mata pencahariannya petani.

    10.  Konsep keterkaitan keruangan

Dalam suatu ruang tertentu terdapat keterkaitan antara satu fenomena dengan fenomena lain yang bersifat alami atau sosial budaya.

 Contoh:  Wilayah Kedawung Kecamatan Grati sering digenangi banjir akibat hujan di                             wilayah Lumbang. 

C.    Prinsip Geografi

1.      Prinsip penyebaran (Distribusi)

Fenomena yang terdapat di geosfer baik unsur fisik maupun manusia tersebar tidak merata di permukaan bumi.

Contoh:

-          Persebaran flora dan fauna di wilayah Indonesia

-          Persebaran potensi air yang berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya

-          Persebaran total penduduk transmigran di Indonesia yang tidak merata

2.      Prinsip interelasi

Fenomena yang terdapat di geosfer baik unsur fisik maupun manusia terdapat keterkaitan antara satu dengan yang lain.

Contoh: Terjadi fenomena banjir parah yang diakibatkan oleh penebangan hutan di wilayah hulu. Fenomena ini menunjukaan adanya prinsip interelasi antara gejala sosial dengan gejala fisik. Hubungan antara perbuatan manusia, yang berdampak pada kerusakan alam yang terjadi.

3.      Prinsip deskripsi

Suatu fenomena dideskripsikan melalui tulisan, tabel, gambar, peta, grafik, dan lain-lain secara kualitatif maupun kuantitatif.

Contoh:

-          Tabel angka pengangguran di provinsi Jawa Timur

-          Grafik peta lempeng tektonik di dunia

-          Peta wilayah lautan di kawasan Asia Tenggara

-          Gambar persebaran curah hujan di Indonesia

4.      Prinsip korologi

Prinsip korologi merupakan gabungan dari ketiga prinsip diatas. Dalam prinsip ini gejala dan permasalahan  geografi dianalisis persebarannya, interaksi dan interelasinya dari berbagai aspek yang mempengaruhinya.

Contoh:

        Untuk mengkaji masalah banjir di suatu tempat harus dikaji tentang sirkulasi curah hujan di Wilayah tersebut, lantaran mengapa terdapat perbandingan curah hujan di berbagai wilayah dan akibat yang ditimbulkan dari tingginya curah hujan di wilayah tersebut serta bagaimana daerah aliran sungainya.

D.  Pendekatan Geografi

Pendekatan geografi dibagi menjadi tiga, yaitu:

    1.  Pendekatan Keruangan

Pendekatan ini merupakan suatu metode analisis yang menekankan analisisnya pada eksistensi ruang (space) sebagai wadah untuk mengakomodasikan kegiatan manusia dalam menjelaskan fenomena geosfer.

Dalam mengaplikasikan pendekatan keruangan, seseorang tidak cukup hanya menyebutnya saja, namun harus secara eksplisit dan jelas menyebutkan tema apa yang akan dianut serta penjelasan mengenai operasionalisasi pendekatannya. Sembilan tema analisis dalam pendekatan keruangan yang dikembangkan oleh disiplin geografi, yaitu

a.       Analisis pola (spatial pattern analysis)

Penekanan utamanya pada sebaran elemen-elemen pembentuk ruang  dengan menggunakan  kalimat tanya 5W+1H (what, where,when,why,who, and how).

b.      Analisis struktur keruangan (spatial structure analysis)

Penekanannya pada analisis susunan elemen-elemen pembentuk ruang yang dapat dikemukakan dari fenomena fisikal maupun non fisikal. Tugas utama analisis struktur keruangan yakni mengidentifikasi susunan keruangan kemudian dikaitkan dengan upaya untuk menjawab pertanyaan geografi (5W +1H)

c.       Analisis proses keruangan (spatial process analysis)

Penekanannya pada proses keruangan yang biasanya divisualisasikan pada perubahan ruang.

d.      Analisis interaksi keruangan (spatial interaction analysis)

Pada analisis ini hubungan timbal balik antara ruang yang satu dengan yang lain memiliki variasi yang sangat besar sehingga mengenali faktor pengontrol sangat penting.

e.        Analisis organisasi dalam system keruangan (spatial organization analysis)

Penekananya pada keterkaitan antara kenampakan satu dengan yang lain secara individual, tujuannya mengetahui elemen lingkungan yang berpengaruh terhadap elemen pembentuk ruang.

f.       Analisis asosiasi keruangan (spatial association analysis)

Bertujuan untuk mengungkapkan terjadinya asosiasi keruangan antara berbagai kenampakan pada suatu ruang.

g.      Analisis tendensi atau kecenderungan (spatial tendency/trend analysis)

Penekanannya pada upaya kecenderungan perubahan suatu gejala berdasarkan analisis yang berbasis ruang dan waktu.

h.      Analisis pembandingan (spatial comparison analysis)

Tujuannya untuk mengetahui kelemahan atau kelebihan suatu ruang dibandingkan dengan ruang yang lain

i.        Analisis sinergisme keruangan (spatial sinergism analysis)

Bertujuan untuk menganalisis sinergi antara suatu wilayah dengan yang lain

    2.  Pendekatan ekologikal/ kelingkungan

Pendekatan ini mengacu pada kajian ecology. Ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang keterkaitan antara organisme dengan lingkungannya. Pendekatan ini menekankan pada interelasi antara manusia dan lingkungannya. Pendekatan ini mempunyai empat tema analisis utama,yaitu:

a.       Tema analisis interaksi antara perilaku manusia-lingkungan

Analisis ini fokus pada perilaku manusia, baik perilaku sosial, ekonomi, kultural, dan perilaku politik yang dilakukan seseorang atau komunitas tertentu

b.      Tema analisis aktivitas manusia-lingkungan

Analisis ini menekankan pada keterkaitan antara aktivitas manusia dengan lingkungan sehingga kegiatan manusianya yang menjadi sentral.

c.       Tema analisis keterkaitan antara kenampakan fisikan alami-elemen lingkungan

Contohnya sebuah danau menunjukkan peningkatan polusi air yang mengakibatkan biota danau mati, maka dapat menganalisis keterkaitan antara faktor internal dan eksternal.

d.      Tema analisis keterkaitan antara fisikal buatan-lingkungan

Terdapat permukiman mengalami genangan yang sebelumnya tidak pernah terjadi sehingga menganalisis faktor internal dan eksternal yang memiliki keterkaitan.

Contohnya dalam mengkaji suatu daerah permukiman maka yang ditinjau adalah bentuk ekosistem hasil interaksi persebaran dan aktivitas manusia dengan lingkungan alamnya.

Demikian pula jika mengkaji daerah pertanian, perdagangan, industri, dan pariwisata.

    3.   Pendekatan kompleks wilayah

    Pendekatan ini merupakan integrasi dari pendekatan keruangan dan pendekatan ekologis.

    Misalnya, dalam mengkaji gempa bumi disuatu wilayah. Maka pertanyaan yang muncul         adalah mengapa diwilayah tersebut dapat terjadi gempa? Lalu, bagaimana persebaran             gejala dan masalah tersebut di permukaan bumi, dan faktor apa yang menjadi                            penyebabnya. 


DAFTAR PUSTAKA

Shindu P, Yashinto. 2016. Geografi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

Wardiyatmoko. 2014. Geografi untuk SMA/MA Kelas XII. Jakarta : Erlangga

Sekar Lestari, Fitri. 2020. Modul Geografi Kelas X KD 3.1 dan 4.1. Jakarta: Kementrian pendidikan dan Kebudayaan Direktorat SMA, Direktorat PAUD, Direktorat Dikdas dan Pendidikan Menengah.

    

                 


 


Posting Komentar untuk "PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI"