Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) KELAS XI

 BAB I

PERMAINAN BOLA VOLI


Kompetensi Dasar

3.1 Menganalisis ketrampilan gerak slah satu permainan bola besar serta menyusun rencana perbaikan
4.1 Mempraktikkan hasil analisis ketrampilan gerak salah satu permainan bola besar serta menyusun              rencana perbaikan

Permainan Bola Voli

Permainan bola voli merupakan permainan beregu menggunakan bola besar yang dimainkan oleh dua regu saling berhadapan, masing-masing regu enam orang. Setiap regu diperbolehkan memainkan bola di daerah pertahananya sebanyak-banyaknya tiga kali pukulan.

Permainan bola voli adalah permainan yang berbentuk memukul bola di udara hilirn mudik di atas net, dengan maksud dapat menjatuhkan bola di dalam petak lawan untuk mencari kemenangan dalam permainan. Memvoli dan memantulkan bola ke udara harus mempergunakan bagian tubuh mana saja, asalkan dengan pantulan yang sempurna (tidak ganda). Ketrampilan gerak dalam permainan bola voli antara lain adalah ketrampilan gerak service (tangan bawah dan tangan atas) passing atas dan passing bawah, smash dan block atau bendungan (tunggal dan berkawan).

1. Service

Service merupakan teknik dasar untuk memulai permainan bolavoli. Selain itu, service juga ikut menentukan suatu regu untuk memenangkan permainan atau pertandingan, karena suatu regu hanya akan mendapatkan angka apabila servicenya tidak gagal. Pada mulanya service hanya merupakan pukulan pembukaan untuk memulai suatu permainan. Sesuai dengan kemajuan permainan, service ditinjau dari sudut taktik merupakan suatu serangan awal untuk mendapat nilai agar suatu regu berhasil meraih kemenangan. Service pada dasarnya terbagi dua, yaitu service atas dan service bawah.
Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan teknik service atas yang benar :
  • Persiapan sebelum melakukan gerak dasar service atas yaitu: berdiri tegak pandangan ke arah bola (depan), kedua kaki sikap melangkah (kaki kiri di depan, kanan di belakang), dan tangan kiri memegang bola di depan badan.
  • Gerakan gerak dasar saat melakukan service atas yaitu: lambungkan bola ke atas agak ke belakang ± 1 meter menggunakan tangan kiri, badan agak melenting ke belakang dan berat badan pada kaki belakang, ayunkan tangan kanan bersamaan dengan gerakan badan ke depan, dan bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan atau melecutkan pergelangan tangan.
  • Akhir gerakan service atas yaitu: Berat badan dibawa ke depan dengan melangkahkan kaki belakang (kanan) ke depan dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.
Gambar 1 Gerakan service atas

2. Passing

Merupakan teknik yang dilakukan untuk mengumpan bola kepada teman seregu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan. Terdapat 2 jenis passing dalam permainan bolavoli yaitu passing bawah dan passing atas. Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan teknik passing bawah yang benar :
  • Persiapan sebelum melakukan gerak dasar passing bawah yaitu: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kakidi bagian depan, rapatkan dan luruskan kedua lengan didepan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datangnya bola.
  • Gerakan gerak dasar passing bawah yaitu: dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai, usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, dan perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan.
  • Akhir gerakan passing bawah yaitu: tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, dan pandangan mengikuti arah gerakan bola.

Gambar 2. Tahapan pasing bawah

Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan teknik passing atas yang benar :
  • Persiapan sebelum melakukan gerak dasar passing atas yaitu: berdiri dengan kedua kaki dibuka seelebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.
  • Gerakan gerak dasar saat melakukan passing atas yaitu: dorongkan kedua lengan menyongsong arah datang bola bersamaan den gan kedua lutut dan pinggul serta tumit terangkat. Usahakan arah datang bola tepat berada di tengah-tengah atas wajah. Titik sentuh bola yang baik adalah tepat mengenai ruas jari-jari tangan.
  • Akhir gerakan passing atas yaitu: pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus. Pandangan ke arah bola.
Gambar 3. Tahapan passing atas

3. Smash/Spike

Merupakan teknik bolavoli yang dilakukan dengan memukul bola sambil meloncat dekat net dengan maksud untuk mematikan permainan lawan. Kemampuan memukul bola smash memang tidak mudah karena selain diperlukan kemampuan meloncat yang tinggi, juga diperlukan kecepatan tangan dalam memukul bolanya. Berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan teknik smash yang benar :
  • Persiapan sebelum melakukan gerak dasar smash yaitu: berdiri dengan sikap melangkah menghadap ke arah net dan berat badan berada pada kaki depan.
  • Gerakan gerak dasar saat melakukan smash yaitu: melangkahkan kaki paling sedikit 2 langkah dengan langkah terakhir lebar. Lalu melakukan tolakan dengan kedua kaki ke atas diikuti dengan ayunan lengan ke depan atas. Saat memukul bola gunakan telapak tangan pada bagian atas bola bersamaan dengan melecutkan pergelangan tangan.
  • Akhir gerakan smash yaitu: mendarat dengan menggunakan kedua ujung telapak kaki, lalu lutut direndahkan sekaligus membungkukkan badan. Kedua lengan disamping badan dan rileks.
Gambar 4. Tahapan dalam melakukan spike / smash


4. Kesalahan yang sering terjadi pada Pemula

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa teknik-teknik dalam permainan bola voli harus dilakukan dengan tata cara yang benar untuk dapat mengahsilkan permainan yang baik bahkan dapat meraih kemenangan saat bertanding. Akan tetapi tidak sedikit bagi pemula atau pelajar yang melakukan beberapa teknik yang sudah dijabarkan di atas melakukan kesalahan. Oleh karena itu, diperlukan usaha untuk melakukan perbaikan. Berikut merupakan uraian tentang kesalahan yang sering terjadi dan perbaikkannya :

a. Service Atas
  • Pukulan bola terlalu rendah sehingga bola tidak dapat menyebrangi net. Bola dipukul saat berada di atas kepala diikuti mengayukan lengan dengan kuat dan tepat mengenai telapak tangan.
  • Bola dipukul menggunakan ujung jari sehingga kurang bertenaga untuk dapat menyebrangi net. Perlu melakukan latihan berulang agar timing saat melempar bola dan memukul bola tepat. Bola dipukul sekuat tenaga menggunakan telapak tangan bagian bawah.
  • Pukulan terlalu kuat sehingga melewati garis belakang lapangan lawan. Kontrol kekuatan saat memukul bola, apabila ingin menghasilkan arah bola menukik maka disertai dengan lompatan

b. Passing Bawah
  • Bola tidak dapat melambung sesuai target dikarenakan perkenaan dengan kedua lengan yang kurang tepat. Posisikan tubuh lurus menghadap arah datangnya bola, posisikan kedua lengan rapat dan lurus dengan posisi lebih rendah menyesuaikan arah datangnya bola.
  • Arah bola ke belakang bukan ke depan dikarenakan saat menerima bola posisi lengan terlalu tinggi. Posisikan lengan sedikit rendah dari arah datang bola, kemudian diayunkan ke depan hingga lengan lurus sejajar bahu.
  • Operan bola terlalu kencang dan tidak dapat dikontrol. Perkenaan di lengan bawah bukan pergelangan tangan dengan mengayunkan kedua langan diikuti gerakan lutut dan pinggang diluruskan

c. Passing Atas
  • Perkenaan bola kurang tepat dengan jedua tangan. Posisikan tubuh lurus menghadap arah bola datang. Tubuh dapat digerakkan ke kiri dan ke kanan menyesuaikan arah datang bola.
  • Posisi tangan tidak berada di depan muka dan di atas kening. Konsentrasi terhadap kecepatan dan arah datang bola, sehinggaposisi badan memiliki ruang yang tepat untuk menyambut bola.
  • Tubuh kaku. Saat melakukan passing tubuh rileks dengan lutut yang fleksibel (mengeper)

d. Smash/spike
  • Menggunakan 1 kaki tumpu saat akan memukul bola. Lakukan tolakan menggunakan kedua kaki secara bersamaan untuk menghasilkan loncatan yang baik.
  • Loncatan yang kurang tinggi sehingga bola tidak dapat menyebrangi net. Untuk dapat meloncat dengan tinggi dilakukan dengan menyentakkan seluruh tubuh ke atas secara bersamaan.
  • Perkenaan dan timing kurang tepat saat memukul bola. Luruskan siku saat memukul bola dan pukul bagian atas bola saat bola masih berada di atas net menggunakan telapak tangan disertai dengan lecutan pergelangan tangan.

Latihan Soal
  1. Kerjakan semua soal di bawah ini di kertas, kemudian cocokan dengan alternatif jawaban yang tepat !
  2. Lambungkan bola ke atas agak ke belakang ± 1 meter menggunakan tangan kiri, badan agak melenting ke belakang dan berat badan pada kaki belakang, ayunkan tangan kanan bersamaan dengan gerakan badan ke depan, dan bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan atau melecutkan pergelangan tangan.(_____________)
  3. Merupakan teknik yang dilakukan untuk mengumpan bola kepada teman seregu, sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan (_____________)
  4. Dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai, usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, dan perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan. (_____________)
  5. Memukul bola sambil meloncat dekat net dengan maksud untuk mematikan permainan lawa (_____________)
  6. Posisi badan sedikit ditekuk, pandangan ke arah datangnya bola, kedua lengan dijulurkan ke arah datngnta bola dan jari-jari tangan mendorong bola hingga kedua sikut lurus. (_____________)
Pilihan Jawaban
a. Smash
b. Block
c. Passing atas
d. Service atas
e. Passing bawah
f. Passing


Latihan Soal

Kerjakan dan jawablah soal-soal di bawah ini dengan cara memberikan uraian singkat dengan jelas!

1. Coba anda analisis tahapan dalam mempraktikan teknik service atas?Jelaskan!

2. Coba anda analisis tahapan dalam mempraktikan teknik passing bawah?Jelaskan

3. Kesalahan-kesalahan apa saja yang sering terjadi pada teknik smash?

4. Kesalahan-kesalahan apa saja yang sering terjadi pada teknik passing bawah?

5. Coba anda analisis tahapan dalam mempraktikan teknik smash?Jelaskan 

Posting Komentar untuk "PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN ( PJOK ) KELAS XI"