Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LAPORAN HASIL OBSERVASI 1


PETA KONSEP

 


PENDAHULUAN

          A. IDENTITAS MODUL 

        Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia

        Kelas                            :X

        Alokasi Waktu              :4 x 45 menit

        Judul modul                   :Laporan hasil observasi


         B. KOMPETENSI DASAR

   3.1   Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis

   4.1 Menginterpresentasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan  interpretasi baik secara  lisan                     maupun  tulis

    3.2    menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

    4.2    mengontruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebhasaan baik lisan maupun tulis


        C. Deskripsi singkat materi

    Assalamuaikum wr,wb . hallo sampai jumpa dan bertemu kembali,  bagaimana kabarnya kalian hari ini? Pasti kalian tetap dengan keadaan sehat dan bahagia selallu. Kalian pasti senang dengan keadadan sekarang ini, yaitu masuk sekolah kembali  yang mana kita sudah lama idam-idamkan ingin masuk sekolah di dalam kelas. Se;alamt untuk anak – anakku semua doamu  sudah terwujud, amiinn..... yakinlah kamu untuk pembelajaran baru ini kamu akan mencetak prestasi- prestasi yang unggul di sekolah baru kalian, percayalah kamu akan bisa untuk meraih dan kamu pasti bisa mengharumkan nama baik sekoalah kalian di anatara sekolah lainnya. Ingatlah sebuah perjalaan memulai dari awal atau dari hal yang kecil untuk menempuh keberhasilan. Artinya untuk keberhasilan itu adalah berawal dari kegagalan. Ayuk mulai sekarang kita persiapkan untuk bekal meraih prestasi kalian saat ini. Bagaimanapun persiapanmu saat ini saat berarti dan sangat besar untuk suatu saat nanti.

     Untuk pembelajaran pertemuan yang pertama bahasa Indonesia kalian ini adalah mengidentifikasi laporan hasil observasi. Apakah laporan hasil observasi itu ? tentunya kalian sudah pernah belajar laporan hasil observasi di bangku SMP/MTS  kelas VII. Jadi, materi ini bukan hal baru buat kalian. Laporan suatu hasil data dan fakta sebenarnya yang disampaikan melalui lampiran yang berbentuk perorangan maupun kelompok. Ada juga observasi pengamatan suatu kegiatan yang dirangkai secara urut dan sistematis  berdasarkan fakta. Laporan hasil Observasi  bukan karangan berdasarkan imajinasi maupun rekayasa. Hal ini menjelaskan bahwa Laporan hasil Observasi yaitu sesuatu yang sudah terjadi. Maka dari itu, untuk memahami ini antara lain memakai pancaindra kalian sebaik-baiknya agar dapat membuat laporan hasil pengamatankalian  sedetail mungkin.        


          D. Penggunaan modul

  1. Kalian memastikan target yang akan dicapai.
  2. Awali membaca materi
  3. Mengerjakan latihan-latihan soal
  4. Sudah menyelesaikan mengerjakan soal, lalu lihatlah kunci jawaban yang ada dibawah modul (bagian akhir), dan hitunglah skor yang anda dapat.
  5. Kalau skor di bawah 70, coba baca lagi materinya
  6. Kalau skor anda minimal 70 , anda bisa melanjutkan kemateri atau kepembelajaran berikutnya.

 

Samakan jawaban anda dengan kunci jawaban soal latihan atau evaluasi bagian yang terakhir kegiatan belajar.dan akhir evaluasi. Lalu  hitung jawaban yang benar. Lalu gunakan rumus agar bisa mengetahui tinggi - rendahnya nilai.

 

NILAI = jumlah skor persoalan/jumlah skor maksimum x 100%


Tingkat nilai penguasaan :

90 - 100            = Baik Sekali

80 – 89             = Baik

70 – 79             = Cukup

< 70 %             = Kurang

 

Materi Pembelajaran

 Modul ini terbagi menjadi 2 kegiatan pembelajaran di dalamnya ada beberapa uraian materi contoh; soal, soal latihan, evaluasi

 Pertama : isi laporan hasil observasi

 Kedua   : struktur laporan hasil observasi

 Kalian harus bersyukur dengan adanya modul ini, sangat sangat bermanfaat untuk anda. Belajar lebih mudah memahami, memaknai apa itu laporan hasil obsrvasi  kalian mudah mencermati, sebagai gambaran materi. Kalian sudah ingin belajar banget kan tentang materi hasil observasi.. Ayukkk kita belajar….

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN 1

                                                            Isi Laporan Hasil Observasi

 A. Tujuan Pembelajaran

     Kalau sudah selelasi mempelajari pembelajaran ini diharapkan :

    Mampu mengidetifikasi sebuah laporan hasil observasi dengan paham,semangat dan cermat agar dapat              melatih sebuah kmampuan kemandirian terhadap lingkungan sekitar anda  agar menjadi kepribadian  yang        peduli dan peka terhadap lingkungan.

  BUraian materi

    Sudah di sampaikan pendahuluan  bahwasannya laporan hasil observasi  sebuah hasil pengamatan secara        fakta sesuai data. Laoporan hasil observasi terbagi ada tiga bagian yaitu; fenomena alam, sosial, dan budaya.     Fenomena alam yaitu meliputi tumbuhan hewan dan lingkungan seitar kita. Sosial yaitu seperti transportasi ,        ukum dan penddikan. Budaya seperti  bahasa, seni dan adat istiadat.

 

        Apakah sampai sini ada pandangan yang bisa di tangkap, apa yang akan pelajari pada materi ini? Kalau         masih belum paham atau belum mengerti tidak apa – apa , ini sebuah pembelajaran awal untuk kalian yang      menyimpulkan, berikutnya, agar kalian memiliki gambaran yang akan dipelajari,                                                 yuks simak teks dibawah ini..!

 

 Pembelajaran Dimasa Covid-19

    sekarang ini pembelajaran sedang menghadapi sebuah  maalah yanga sangat sulit, di kurikulum 2013 yang belum dipenuhi semua dalam pembelajarannya. di tambah lagi, konsep yang sudah di buat oleh mentri pendidikan yang baru,  Nadiem Makarim,tentang Indonesia Merdeka Belajar. Lalu ada lagi kurikulum  penyederhanaan dalam kondisi darurat. lalu para guru jadi bingung untuk pembelajaran yang mau diberikan oleh siswa. hal ini membuat tantangan  bagi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di negara kita yaitu Indonesia.

    saat ini, tantangan sebagai guru nambah lagi dengan adanaya penyakit Covid -19, yang belum selesai. covid 19 ini suatu bencan nasional yang mana sudah ditetapkan oleh pemerintah karena penyebaran irus corona yang semakin meluas dan menyebabkan kematian di Negri kita ini(indoesia). pemerintah juga membuat peraturan- peraturan agar menghambat penyebaran virusini dengan memberikan informasi pada warga masyarakat indonesia agar mematuhi protokol kesehatan. dan bekerja mandiri, belajar mandiri dan beribadaah dirumah.

    saat ini adalah hal baru bagi kita sebagai masyarakat. terutama guru, orang tua, dan siswa. guru di tuntut untuk bisa tetap memberikan pembelajaran yang sesuai tepat dan  siswa bisa memahami pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran  dengan melalui online (daring). padahal guru mempunyai beberapa golongan: yaitu yang prtama golongan guru literat IT, golongan guru  aliterat IT,  dan golongan guru iliterat IT.

    kesatu, Guru literat IT yitu guru yang mampu mengetahui  berbagai bentuk media dan etika dalam pemanfaatan teknologi paa pembelajaran. dan guru- guru ini sudah  terbiasa dalam memakai pembelajaran perserta didik nya menggunakan media.

    kedua,  Guru aliterat IT  yaitu guru yang tau tentang IT dan paham iT  tapi jarang mengetahu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran pada peserta didik. dan guru biasanya menggunakan pembelajaran dikelas.

    ketiga, Guru iliterat  yaitu guru yang tidak tahu IT . guru yang tidak mampu mengoperasikan atau memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran . dan guru ini menggunakan pembelajatran metode lama.

    ketiga golongan  guru ini kenyataan yang ada pada lapangan . para guru ini menghadapi para peserta didik . dengan kondisi ini  dampak dunia pendidikan. bahkan untuk pembelajaran kali ini di indonesia  kemendikbud  memutuskan untuk membatalkan ujian nasional 2020- 2021. pembelajaranpun dilakukan di rumah.

    guru harus bisa membuat rencana pembelajaran,.ini suatu hal yang bukan mudah untuk megubah  kebiasan mengajar didepan kelas melainkan virtual dan itu tidak mudah. guru bukan hanya beradaptasi dengan kondisi saat ini. melainkan orang tua dan siswa harus beradaptasi. sebagai orang tua harus siap mendampingi putranya belajar. di rumah.  pertaama menyenangkan  bagi siswa tertentu, tetapi  akan membosankan jika terlallu lama belajar terus- menerus di rumah ( daring).  sebagai  orang ua mulai kerepotan  mendampingi anaknya  karena orang tua memiliki aktivitas lain. pembelajaran tidak lagi menyenangkan bagi siswa  melainkan, mereka jenuh dan bosan dengan kegiatan itu.dan mereka ingi belajar lagi( sekolah lagi).

    tapi, untuk adanya pandemi ini  kita dapat ambil manfaatnya , yaitu kesiapan sebagai guru  dalam kondsi seperti ini. guruu tidak hanya memberikan tugas banyak dan membuat anak kebanyakan tugas  menjadi setres. guru juga harus mengubah kebiasaaan  dalam mengajar. sebelumnya guru terbiasa  mengajar dengan konten  kemudian proses.  karena adanya kondisi pandemi seperti ini ,pemebelajaran pun harus disesuaikan  guru juga harus terbiasa  mulai mengajar ketika dari proses  baru kemudian kontennya. ini membutuhkan pelatihan untuk para guru  dan guru harus siap untuk membuka diri agar bisa mengikuti kemajuan teknologi  untuk kepentingan  dan sebuah kemajuan siswa untuk pembelajaran bahasa indonesia.


 * Laporan hasil observasi  tersebut merupakan hasil pengamatan yang dialami penulis.

Apakah kalian sudah menemukan  ciri dari teks  tersebut?

 1.   Ciri-ciri laporan hasil observasi

     laporan hasil observasi apakah kalian bisa melihatkan dengan adanya kemiripan dengan teks deskripsi, yang mana kalian pelajari saat waktu duduk di bangku SMP/MTS. Tapi, kalau dicermati lagi ada perbedaannya. masih ingatkan tujuan teks deskripsi? Iya benar. Tujuan teks deskripsi adalah mengajak pembaca agar bisa merasakan langsung yang apa yang suduah dikerjakan dalam teks tersebut.. tujuannya yaitu berdasarkan hasil yang sudah di baca  teks tersebut yaitu memberikan informasi secara objektif dan faktual. yang mana ada hasil sesuai dengan lapangan, sesuai dengan pengamatan yang di peroleh oleh penulis. dengan adanya yang lain, hal ini memberikan sebuah informasi terbaru, mengatasi suatu persoalan , agar mengambil keputusan yang lebih efekti..  

      sudahkah kalian menemukan ciri  diri teks laporan hasil observasi    pada teks                                         " pembelajaran diamasa covid -19"

YA.. tepat sekali!!!... hal  yang kalian temukan, yaitu:

        Fakta

  • covid  merupakan  bencana  nasional yang di tetapkan oleh pemerintah
  • pemerintah berusaha menghambat  penyebaran covid, dengan menghimbau masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan bekerja di rumah, beribadah di rumah,  belajar dirumah.
  • untuk guru terbagi tiga golongan yaitu, golongan guru IT,guru aliterat IT dan guru literat IT.
  • organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan,  dan hampir selluruh duniaa terganggu sekolahnya.
  • kementrian kebudayaan memutuskan tidak ada UJia Nasional 2020.
  • pembelajaran dilakukan dirumah
  • guru diminta untuk membuat rencana pembelajaran
  • sebagai orang tua mendampingi anaknya elajar dirumah.
  • dan orang tua memulai kerepotan dengan adanya belajar dirumah , karena orang tua memiliki  aktivitas lainnya.

        Objektif
        
            terbukti dengn adanya eorang penulis  terhadap hal- hal yang di laporkan dan tidak ada yang                        ditutup- tutupi, untuk kepentingan pihak, ini adalah suatu nyata real dengan adanya kejadian.  tidak             terganti orang pertama  melainkan kata anti orang ketiga  atau kata benda sebagai objek.                            Seperti :
               Sekarang ini pembelajaran sedang menghadapi sebuah  maalah yanga sangat sulit, di kurikulum 2013 yang belum dipenuhi semua dalam pembelajarannya. di tambah lagi, konsep yang sudah di buat oleh mentri pendidikan yang baru,  Nadiem Makarim,tentang Indonesia Merdeka Belajar. Lalu ada lagi kurikulum  penyederhanaan dalam kondisi darurat. lalu para guru jadi bingung untuk pembelajaran yang mau diberikan oleh siswa. hal ini membuat tantangan  bagi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan di negara kita yaitu Indonesia.

          Lengkap dan Menyeluruh
        
           Laporan hasil observasi secara rinci dan ditulis  sedetail- detailnya sesuai dengan apa yang di amati               oleh penulis.
            Seperti: 
             kesatu, Guru literat IT yitu guru yang mampu mengetahui  berbagai bentuk media dan etika dalam pemanfaatan teknologi paa pembelajaran. dan guru- guru ini sudah  terbiasa dalam memakai pembelajaran perserta didik nya menggunakan media.

            Bersifat Kekinian

            suatu berita, kegiatan dan  informasi sebuah fenomena yang terbaru yang harus diketahui.
            Seperti :
            suatu laporan hasil observasi "Pembelajaran Dimasa Covid-19" yang mana  fenomena yang terjadi.

            Pengetahuan dan Wawasan Pembaca

            memberikan subuah pengetahuan pada  masyarakat  tentang corona  dan tipe guru saat pembelajaran menggunakan IT.
            Seperti : 
saat ini, tantangan sebagai guru nambah lagi dengan adanaya penyakit Covid -19, yang belum selesai. covid 19 ini suatu bencan nasional yang mana sudah ditetapkan oleh pemerintah karena penyebaran irus corona yang semakin meluas dan menyebabkan kematian di Negri kita ini(indoesia). pemerintah juga membuat peraturan- peraturan agar menghambat penyebaran virusini dengan memberikan informasi pada warga masyarakat indonesia agar mematuhi protokol kesehatan. dan bekerja mandiri, belajar mandiri dan beribadaah dirumah. saat ini adalah hal baru bagi kita sebagai masyarakat. terutama guru, orang tua, dan siswa. guru di tuntut untuk bisa tetap memberikan pembelajaran yang sesuai tepat dan  siswa bisa memahami pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran  dengan melalui online (daring). padahal guru mempunyai beberapa golongan: yaitu yang prtama golongan guru literat IT, golongan guru  aliterat IT,  dan golongan guru iliterat IT.

kalian sudah hebat ya ternyata, sudah tau dan menemukan ciri-ciri  laporan hasil observasi sesuai apa yang sudah disajikan.dan semoga kalian akan menemukan sebuah  ciri-ciri laoran teks  lainnya ,  dan  berharap kalian bisa menyimpulkan  ciri dari laporan hasil observasi secara  tepat dan benar.

      2.  Fungsi Laporan Hasil Observasi


C. Rangkuman Materi

    > Teks Laporan Hasil Observasi suatu penyampaian kegiatan sesuai data dan fakta.
    > Teks Laporan hasil observasi  bukan imajinasi atau rekayasa melainkan fakta (realita)
    > Teks Laporan hasil observasi yaitu suatu yang sudah  terjadi.

D. Penugasan Mandiri

    Biar kalian memahami lebih dalam tentang  pembelajaran teks laporan hasil Observasi, sekarang kerjakan tugas-tugas berikut!

    1.Buatlah sebuah pertanyaan terkait isi laporan, seperti,
        a. Informasi apa saja yang sudah kamu pelajari tentang materi  laporan hasil observasi  tersebut? 
        b. Mengapa saat ini  dunia pendidikan menghadapi masalah sulit? 
        c. Jelaskan sebab-sebabnya! 
        d. sebutkan Dampak terjadinya wabah pandemi covid-19?
    

B.        MENGINTERPRETASI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

        Teks  Laporan hasil observasi adalah hasil akhir dari proses observasi yang telah dilakuan laporan dapat berasal dari pngamatan terhadap sesuatu hal. teks ini secara umum berfungsi sebgai alat pendokumentasian suatu objek atau kegiaatn. teks laporan observasi juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenal jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteris tertentu.
        teks laporan hasil observasi dapat diinterpretasikan. interpretasi merupakan  bentuk penafsiran yang berisi pendapat, kesan atau pandangan teoretis  terhadap suatu hal. interpretasi bisa dilakukan  pada bebbagai hal seperti lirik lagu, sikap seseorang, kebijakan - kebijakan  dan juga berbagai tujuan dari interpretasi  sendiri bisa  menggunakan hasil imajinasi  atau penafsiran  sseorang sehingga  terkadang menggunakan pronomina "kita" bisa dilakukan. 
        bagaimanakah  cra menginterpretasi teks laporan hasil oservasi ? berikut beberapa langkah  yang dapat dilakukan  dalam menginterpretasi teks laporan hasil observasi.
    1.     mengidentifikasi teks laporan hasil observasi  berdasarkan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
    2.    menentukan ide pokok(deduktif, induktif dan campuran) pada setiap paragraf yang tertera pada teks.
    3.     menggabungkan gagasam utama menggunakan konjungsi  yag tepat agar menjadi  sebuah ringkasan yang padu.
            sebuah ringkasan pada dasrnya merupakan rangkaian pokok-pokok pikiran yang dirangkai menadi satu  dengan memprhatikan urutan sisi bagian demi bagian, dan sudut pandang(pendapat)pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan. untuk menyususn sebuah ringkasan yang pertama yang dilakukan adalah  membaca pemahaman isi teks kemudian menemukan pokokk-pokok  isi informasi dalamnya. pokok-pokok isi sebuah teks dapat ditemukan dengan  menemukan kalimat utamany. kalimat utamanya adalah kalimat yang di dalamnya memilikipokok pikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.

Aktifitas Mandiri 2
Bacalah dengan seksama teks berikut kemudian buatlah interpretasinya!!

Si Kecil Semut

Semut merupakan jenis serangga yang termasuk ke dalam suku Formicidae bangsa Hymenoptera. Semut sendiri sebagian besar hidup di wilayah tropika. Ada lebih spesies semut di bumi ini. Sebagian besarnya merupakan jenis semu kebiasaan hidup berkoloni atau dikenal juga dengan serangga sosial. Satu koloni semut bisa terdiri atas ribuan semut, di antaranya semut pekerja, semut pejantan, mungkin ada semut penjaga, dan ratu semut. Sebuah koloni semut bisa menempati sebuah wilayah yang besar. Semut termasuk jenis serangga yang kuat. Satu ekor semut jantan bisa mengangkat atau menopang beban dengan berat lima puluh kali berat badannya. Semut memang berukuran kecil tetapi tenaganya sangat kuat. Sedangkan untuk pertahanan diri, semut menggunakan asam format yang ia miliki yang juga dikenal sebagai asam semut.

Semut termasuk ke dalam jenis serangga yang hampir ada di seluruh bagian bumi, walau ada beberapa wilayah yang tidak ditempati oleh semut. Jenis-jenis semut yang biasa hidup berdampingan dengan manusia dalam kehidupan sehari-hari di antaranya semut merah, semut rangrang, semut hitam, semut api, dan semut besar. Tubuh semut sendiri terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kepala, dada (mesosoma), dan perut (metasoma). Seperti sebagian besar serangga, semut juga memiliki kerangka luar atau yang disebut eksoskeleton untuk melindungi dirinya dan juga menjadi tempat menempelnya otot-otot semut.

Semut juga tergolong jenis serangga pekerja yang hidup bahu-membahu. Terlihat dari perilakunya yang diamati dalam jangka waktu dua hari. Mereka bekerja sama untuk mengumpulkan makanan, keluar dari sarangnya dan kembali ke sarangnya. Para semut pekerja ini terlihat tidak menunjukkan rasa lelah. Ketika siang hari masih ada, mereka terus giat beraktivitas dan bekerja. Semut juga termasuk jenis serangga yang rapi. Mereka berjalan

berbaris pada garis tertentu dan tidak menyimpang. Setiap jenis makhluk hidup di bumi memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri. Begitu juga dengan semut, si kecil yang tangguh dan rapi.​


C.     MEREVISI TEKS LAORAN HASIL OBSERVASI

        Setiap teks pasti memiliki struktur dan unsur pembangun. demikian  pula dengan teks laporan hasil observasi. teks laporan hasil observasi  memiliki tiga struktur., antara lain pernyataan umum(klasifikasi), deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. pernyataan umum   berisi pembuka atau pengantar hal yang akan disampaikan. bagian ini berisi hal umum tentang objek yang akan dikaji, dan menjelaskan secara umum pemahaman tentang hal tersebut.  penjelasan secara detail mengenai objek atau bagian-bagian tertentu terdapat pada deskripsi bagian. deskripsi manfaat berisi tentang manfaat atau fungsi setiap objek  yang diamati dalam kehidupan.
        pernyataan umum biasanya disajikan dalam kalimat definisi dan kalimat pengklasifikasian kaliamatdefisi seringkali menggunakan  konjungsi adalah, ialah,yakni,merupakan dan yaitu. pengklasifikasian sebuah objek yang baik harus  menyebutkan dasar  pengklasifikasian dan jumlah keanggotaanny. pada bagian deskripsi anda akan menemukan kalimat deskripsi.

Aktifitas Mandiri 3




D.     MENGANALISIS KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

        setiap teks memilikiunsur kebahasaan yang berbeda-beda, termasuk juga teks  laporan hasil obsevasi. unsur kebahasaan  teks laporan hasil observasi terdiri atas berikut ini.
        1.    Kata serta Frasa Verba dan Nomina
                Jenis kata  dn klomok kata (frasa)yang dominann digunakan dalam sebuah teks laporan hasil observasi adalah verba (kata kerja) dan nomina (kata benda.  kata berbentuk morfem atau morfem bebas,yaitu satuan bahasa terkecil (dapat meiliki arti maupun tidak ) yang bersifat bebas. frasa merupakan gabungan beberapa unur   namun tidak melebihi batas fungsi, artinya, sekalipun terdiri atasa beberapa unsur namun hanya memiliki satu fungsi dalam sebuah kalimat. selain itu, frasa merupakan klompok jata yang nonpredikatif, atau tidak mendududki subjek dan predikat.
       2.    Afiksasi
                Afiksasi atau kata beimbuhan  adalah  kata yang mengalami proses pengimbuhan. imbuhan atau afiks  adalah morferm terkait yang digunakan dalam bentuk dasar untuk menghasilkan   suatu kata. di tinjau dari letaknya, imbuhan dapat diklasifikasikan  sebagai berikut.
       a.    prefiks(awalan) adalah imbuhan yang diikatkan  didepan bentuk dasar contohnya: me(N), ber-,di,ter-,pe(N)-, per-,se-, dan ke-
       b.    infiks(sisispan) adalah imbuhan  yang diikatkan  ditengah bentuk dasar. contoh: -el-,-em-,dan -er-.
       c.    Sufiks (akhiran) adalah imbuhan yang diikatkan dibelakang bentuk dasr. contoh:-kan,-an,-i,-nya, dan -wan.
       d.    Konfiks adalah imbuhanyang dilekatkan didepan dan dibelakang  bentuk dasar secara bersamaan. contoh:ke-an, pe(N)-an,per-an, ber-an,dan se-nya.
     3.       Kalimat Definisi dan kalimat Deskripsi
                Kalimat definisi yaitu kalimat yang enggunakan verba definitif, adapun kalimat deskripsi, yaitu kalimat yang mengguakan verba  sebagai deskriptif.
     4.        kalimat tunggal  dan kalimat Majemuk
                kalimat tunggal  adalah kalimat yang hanya memiliki  satu klausa. polakalimatnya  berbentuk oleh subjek  dan predikat. adapun kalimat majemuk adalah kalimat  yang terdiri atas dua kalausa atau lebih. kalimat majemuk dapat dapat diklasifikasikan menjadi tiga jeis yaitu kalimat  majemuk setara , kalimat majemuk bertingkat,  dan kalimat majemuk campuran.
                 kalimat majemuk setara adalah kalimat yang  hubungan antara unsur-unsurnya bersifat setara atau sederajat. kalimat majemuk bertingkat adalah  kalimat  yang hubungan  antara unsurnya  tidak sederajat. salah satu unsurnya  ada yang menduduki induk kalimat sedangkan unsur yang lain  sebagai anak kalimat. kalimat majemuk campuran adalah gabungan antara kalimat majemuk setara  dengan kalimat majemuk  bertingkat. dalam kalimat majemuk campuran sekurang-kurangnya terdiri atas tiga inti kalimatt atau tiga klausa.

Aktifitas Kelompok


Posting Komentar untuk "LAPORAN HASIL OBSERVASI 1"