Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA



Poros Maritim merupakan sebuah kondisi negara yang memiliki konektivitas antar pulau nya baik, industri perkapalan dan perikanannya berkembang,transportasi lautnya lancar, serta keamanan maritimnya juga baik.

Kalau dilihat dari pengertiaan kata penyusunnya, poros maritim terdiri dari kata poros dan maritim. Poros dapat berarti ujung puncak, atau juga posisi di tengah-tengah. Atau kalau dihubungkan dengan geo, poros berarti garis yang menghubungkankutub utara dengan kutub selatan. Oleh karena itu, dalam hal ini, poros dapat diartikan sebagai posisi yang di pusat yang menghubungkan satu wilayah dengan wilayah yanglain. Sedangkan kata maritim berarti hal yang berkaitan dengan laut, pelayaran, dan perdagangan di laut. jadi poros maritim merupakan posisi di tengah yang menghubungkan pelayaran dan perdagangan antar wilayah, serta hal lain yang berkaitan dengan laut.

 

PENDUKUNG INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM

 

Beberapa hal yang mendukung posisi Indonesia sebagai poros maritim dunia adalah sebagai berikut:

  1. Indonesia merupakan negara kepulauan yang luas wilayah lautnya lebih besar daripada luas wilayah daratannya.

Dengan kondisi luas lautannya lebih besar, maka Indonesia harus menjadikan laut sebagai jalur penghubung antar pulau. Apabila jalur konektivitas antar pulau Indonesia bisa berjalan baik, maka Indonesia dapat menjadi pengubung konektivitas laut di dunia.

  1. Posisi Indonesia diantara dua samudera dan dua benua.

Posisi diantara dua samudera dan dua benua merupakan posisi yang menguntungkan Indonesia karena menjadi jalur lalu lintas. Peran Indonesia tersebut perlu untuk terus ditingkatkan

  1.   Indonesia berada di wilayah equator yang menyebabkan potensi terjadinya badai angin typhoonsangat rendah sehingga perairan Indonesia menjadi perairan yang relatif aman untuk pelayaran.
  2. Indonesia memiliki sumber daya laut yang berlimpah. Hal ini menyebabkan Indonesia dapat menjadi pemasok sumber daya laut untuk negara lain.

 

Hal tersebut adalah potensi pendukung Indonesia sebagai poros maritim dunia. Gagasan peran Indonesia sebagai poros maritime dunia pertama kali dikemukakan oleh presiden Jokowi pada KTT Asia Timur yang berlangusng di Myanmar tahun 2014. Pada waktu itu, hadir 10 negara ASEAN dan juga negara mitra ASEAN yang antara lain Ameraika Seikat, Tiongkok, Jepang, India, dan lain sebagainya.

 

 

Perhatikan video pembelajaran di bawah ini!

Jawablah pertanyaan di bawah ini!

  1. Deskripsikanlah letak, luas, dan batas wilayah Indonesia!
  2. Jelaskanlah karakteristik wilayah daratan dan perairan Indonesia!
  3. Mengapa transportasi sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia?
  4. Analisis perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di Indonesia!
  5. Jelaskan posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim dunia!
Catatan : Materi yang ditampilkan diambil dari beberapa sumber yang tidak dicantumkan. Jika ada masalah dengan hak cipta segera hubungi kami di halaman kontak.

Posting Komentar untuk "POSISI STRATEGIS INDONESIA SEBAGAI POROS MARITIM DUNIA"