Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Struktur Dan Kaidah Teks Laporan Hasil Observasi Baik Melalui Lisan Maupun Tulisan


Teks laporan hasil observasi adalah suatu teks yang berfungsi menjelaskan informasi tentang suatu objek yang telah di amati. Teks laporan hasil observasi juga disebut dengan teks klasifikasi karena berisi tentang klasifikasi mengenai jenis-jenis objek berdasarkan kriteria tertentu.

Teks laporan hasil observasi berbeda dengan teks deskripsi. Meskipun dua teks tersebut sama-sama menyampaikan suatu informasi berdasarkan fakta, namun teks laporan hasil observasi  bersifat umum.  Teks laporan hasil observasi menjelaskan ciri, bentuk, atau sifat umum suatu obyek berdasarkan fakta yang ada

 

Bacaan

Bunaken,Berharap Berlalu Banyak

Kadang, suka atau tidak kita pda suatu tempat penyelaman, tergantung pada pengalaman buruk atau baik yang kita alami. Seperti halnya perjalana saya kebunaken, Sulawesi utara.kisah teman-teman yang  lebih dulu kesana sangat menjanjikan. Akan tetapi, apa yang saya dan rombongan lami mungkin lebih tepat disebut buruk.

Hari pertama. Perkasa kami bermalam dimakasar karena pesawat tak  bisa mendarat di Bandara  Sam ratulangi, Manado.Cuaca di Manado Buruk.

 Setiba di Manado, kami ,masih tertinggalnya sebagian bagasi yang sebelum akhirnya  “pemanasan”  meyelam di Gabet, Likuan, Sachiko. Di sini, dinding lautnya sangt mengesankan  dengan lalu lalang  si ikan dahi  nonong Napoleon  Wrasse sepanjang  2m, berkuda perak  dan loreng  hitam putih.

Akan tetapi pulau bunaken yang terkenal itu ternyatatak memenuhi harapan. Di bandingkan dengan pantai-pantai dibali, kondisi  Bunaken  cukup kotor t dan tak nyaman untuk berjalan-jalan. Hidangan yang disajikan oleh pondok- pondok  makan penduduk setempat  juga sebaiknya  ditingkatkan cita rasa, cara penyajian,dan kebersihannya.

Cobaan terbesar terjadi ketika kami pulang untuk mengganti tabung penyelaman. Badai besar datang,. Boat merapat kembabali ke pulau dan melepas jangkar. Kami menungu selama  dua jam  sampai badai mereda. Kemudian, kami pun menempuh perjalanan pulang  dengan perasaan berdebar. Beberapa kali perahu kami nyaris terbalik. Kami pun mengikuti petunjuk untuk menghadapi  keadaan darurat. Rompi selam kami  copot dari tabung dan siap dijadikan pelampung  bila keadaan terburuk terjadi.

Walaupun menghdapi banyak masalah tapi kita tetap kompak. Kami tidak pernah mementingkan diri-sendiri. Jadi, saya tetap ingin pergi bersama mereka dalam kesempatan berikut ke selat lembeh yang cantik.

(dikutip dari Christantiowati “Antara Kepulauan

Seribu, Bali, dan Bunaken,” Sinar Harapan)

 

 

Tugas

Sekarang, cobalah mencari informasi mengenai Covid-19 di internet, televisi atau lainnya, tuliskan hasil pencarian kalian dalam beberapa paragraf lalu jawab pertanyaan dibawah ini:

1.      Apa isi teks yang telah kalian buat ?

2.      Apa pokok informasi yang terkandung dalam teks yang telah kalian buat?

3.      Bagiamana protocol Covid-19 yang kalian ketahui ?

4.      Apakah teks yang kalian buat termasuk teks hasil laporan observasi ? jelaskan !




Catatan : Materi yang ditampilkan diambil dari beberapa sumber yang tidak dicantumkan. Jika ada masalah dengan hak cipta segera hubungi kami di halaman kontak.

Posting Komentar untuk "Memahami Struktur Dan Kaidah Teks Laporan Hasil Observasi Baik Melalui Lisan Maupun Tulisan"